Senin 24 May 2021 19:22 WIB

KRI Banjarmasin-592 Bawa 400 'Pasukan Setan' ke Papua

400 personel Batalion Infanteri 315/ Garuda Kodam III Siliwangi dikirimkan ke Papua.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Personel TNI (ilustrasi)
Foto:

Rohmad mengatakan, kapal dan seluruh anak buah kapal yang dipimpinnya itu dalam kondisi siap. Sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamrahwan Papua Batalion TNI AD ini diharapkan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. 

Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut juga akan menarik pasukan Satgas sebelumnya. Pasukan yang sebelumnya itu telah bertugas selama 10 bulan dan akan kembali ke kesatuan asal.

Sesuai dengan Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, tugas pokok Kolinlamil ialah sebagai pembina tunggal angkutan laut militer TNI. Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan satu di antara tugas pokok Kolinlamil.

Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah NKRI, yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

Meskipun dalam situasi wabah pandemi Covid-19 di tahun 2021, KRI yang ada pada Kolinlamil tetap melaksanakan dukungan terhadap operasi pengamanan perbatasan (Pamtas), pengamanan wilayah pulau terluar (Pamputer) dan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) melalui pergeseran pasukan (Serpas) maupun pergeseran logistik (Serlog) dan pergeseran material (Sermat).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement