Jumat 14 May 2021 20:38 WIB

Lokasi Wisata Bogor Lebih Ramai di Hari Kedua Lebaran

Keramaian wisata di Bogor namun masih jauh dari kondisi normal.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung di Kebun Raya Bogor pada hari kedua lebaran Idul Fitri, Jumat (14/5).
Foto: Humas Kebun Raya Bogor
Pengunjung di Kebun Raya Bogor pada hari kedua lebaran Idul Fitri, Jumat (14/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Tingkat kunjungan pada sejumlah lokasi wisata di Bogor meningkat pada hari kedua Idul Fitri 1442 Hijriah, Jumat (14/5). Meski demikian, angka peningkatan tersebut masih jauh dari kapasitas normal sebelum Lebaran.

Salah satunya di Kebun Raya Bogor (KRB). Berdasarkan keterangan Manager on Duty KRB, Ferdinan,tingkat kunjungan wisatawan pada hari pertama Idul Fitri belum meningkat secara signifikan. Jumlahnya pengunjung hari pertama masih bawah hari normal, yakni sekitar 1.509 pengunjung.

Baca Juga

Sedangkan, pada hari kedua Idul Fitri hari ini, terdapat peningkatan jumlah pengunjung. Walaupun juga jumlahnya masih belum sebanding dengan pengunjung di hari Lebaran sebelum pandemi.

“Untuk di hari ke-dua ini, ada sedikit peningkatan (wisatawan) walau tidak terlalu signifikan. Sekitar 2.000 sampai 3.000 orang, dan masih belom siginifikan kalau dihitung hari normal biasa sebelum libur Lebaran,” ujar Ferdinan di Kebun Raya Bogor, Jumat (14/5).

Dia mengatakan, faktor utama dari sedikitnya peningkatan jumlah pengunjung yakni kemungkinan karena adanya ketetapan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, yang hanya mengizinkan warga lokal untuk berkunjung. Namun, Ferdinan memperkirakan, pengunjung akan meningkat pada Sabtu dan Ahad yang akan datang.

Untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan, General Manager KRB, Marga Anggrianto mengatakan, pihaknya meningkatkan jumlah karyawan yang akan berfungsi sebagai Satgas Covid-19. “Ada man power yang berfungsi sebagai satgas Covid-19 di internal kita. Itu sebagai tim khusus untuk memecah kerumunan atau biasa kita istilahnya dengan crowd control. Harapannya agar pengunjung tetap disiplin prokes, termasuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker”, ujar Marga.

Terpisah, Humas The Jungle Water Park Kota Bogor, Minia Barus mengatakan, ada peningkatan jumlah pengunjung di hari kedua Lebaran sekitar 30 persen dari kapasitas, atau sekitar 3.000 pengunjung. "Hari ini ada peningkatan dari jumlah pengunjung di hari kemarin. Kenaikkan sekitar 30 persen," kata Minia.

Walaupun ada peningkatan, angka itu masih di bawah 50 persen atau 5.000 pengunjung. Untuk domisili pengunjung menurut Minia masih didominasi oleh warga Kota Bogor. "Untuk pengunjung kita memang banyak warga Bogor dan kita tetap melakukan pengecekan kepada setiap pengunjung," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Aldo Parengkuan, memaparkan, TSI mengalami peningkatan pengunjung dibandingkan dengan jumlah kunjungan saat Ramadhan. Yakni sebesar 20 hingga 25 persen.

Dia mengatakan, biasanya peningkatan jumlah pengunjung terjadi pada H-5 hingga H-7 Lebaran. Seperti yang terlihat pada hari pertama dan hari kedua ini terdapat peningkatan.

“Hari ini (pengunjung) lebih baik daripada kemarin. Berapanya saya belum tahu, belum ketahuan. Tapi bisa dibilang lebih ramai daripada kemarin, kemarin pun lebih ramai daripada sebelumnya,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement