REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu memastikan, pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III akan tetap melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam setiap harinya, termasuk saat lebaran. Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal, dan layanan pendukung lainnya.
“Kami berkomitmen untuk menjaga kelancaran arus logistik di pelabuhan yang menjadi tanggung jawab kami dengan harapan agar distribusi logistik ke masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lancar,” kata Suryo di Surabaya, Selasa (11/5).
Pelayanan operasional jasa kepelabuhanan di Pelindo III, lanjutnya, ditopang penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi. Selama periode Idul Fitri tahun 2021 pengguna jasa tetap dapat mengakses seluruh layanan Pelindo III di seluruh pelabuhan melalui portal pelanggan yang tersedia secara daring.
Pengguna jasa juga sekaligus dapat mengakses nota tagihan atas pelayanan jasa yang telah dilakukan oleh Pelindo III. “Pelayanan tetap berjalan sebagaimana pelayanan harian, tidak ada yang berbeda," ujarnya.
Pelindo III, kata dia, telah mengimplementasikan sistem pelayanan operasional yang berjalan 24 jam 7 hari non-stop, yang disebut Port Operations Command Center (POCC). Dengan sistem ini, proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat.
Keberadaan POCC juga diakuinya membantu kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan menjadi lebih efisien dan efektif, baik dari sisi tenaga ataupun waktu. Sistem ini sekaligus sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan karena mengintegrasikan sistem internal.
“Hal ini sangat menguntungkan pengguna jasa, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran bagi mereka terhadap layanan Pelindo III khususnya pada saat perayaan Idul Fitri 2021,” kata dia.