Ahad 16 May 2021 10:31 WIB

Akhirnya, Tahun Ini Penyelenggaraan Haji Digelar

Penyelenggaraan ibadah haji akan digelar dengan kondisi khusus

Kerajaan Arab Saudi kemungkinan akan membuka penyelenggaraan haji pada 2021. Foto Kabah (ilustrasi)
Foto:

Oleh : Esthi Maharani, Jurnalis Republika.co.id

Jika menilik pada penyelenggaraan umroh tahun lalu, Arab Saudi menerapkan sejumlah batasan ketat untuk calon jamaah. Sebut saja batasan usia calon jamaah yakni 18-60 tahun hingga memiliki surat bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan dokumen asli hasil tes PCR. Bukti bebas Covid-19 pun berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan atau sesuai ketentuan Arab Saudi. Tak ketinggalan calon jamaah harus menjalani proses karantina.

Dengan perkembangan pandemi Covid-19 dan telah digencarkannya vaksinasi di berbagai negara, ada kemungkinan persyaratan akan sedikit menyesuaikan kondisi saat ini. Misalnya saja calon jamaah haji telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali. Untuk jenis vaksin sendiri, sampai saat ini belum ada ketentuan dari Saudi yang menetapkan merek tertentu sebagai standard vaksinasi.

Sekarang, calon jamaah haji di Indonesia dan seluruh dunia masih menunggu pengumuman lanjutan penyelenggaraan haji 2021, termasuk besaran kuota yang akan diberikan Arab Saudi kepada setiap negara. Jangan lupa, tahun lalu banyak calon jamaah haji yang batal berangkat. Oleh karena itu, apabila ibadah haji benar-benar digelar tahun ini, calon jamaah yang diprioritaskan berangkat adalah mereka yang sudah lunas dan dibatalkan keberangkatannya oleh pemerintah pada tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement