Rabu 05 May 2021 15:46 WIB

Pemudik Pakai Bus di Terminal Poris Tangerang Tes GeNose

ersedia sebanyak 1.000 spesimen GeNose yang ada di Terminal Poris Tangerang.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Penumpang yang menggunakan bus, menjalani tes Covid-19 GeNose di Terminal Poris Tangerang. Foto, calon penumpang berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten (ilustrasi).
Foto: Antara/Fauzan
Penumpang yang menggunakan bus, menjalani tes Covid-19 GeNose di Terminal Poris Tangerang. Foto, calon penumpang berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Perhubungan Kota Tangerang bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyediakan alat tes Covid-19 GeNose bagi pengguna kendaraan darat dengan bus di kawasan Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang. Tersedia sebanyak 1.000 spesimen GeNose yang ada di tempat tersebut untuk dilakukan pemeriksaan terkait Covid-19.  

"Sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam perjalanan, kami dari pengelola Terminal Poris Tangerang sudah mempersiapkan alat tes Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose," ujar Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena Alwie kepada wartawan di Kota Tangerang, Rabu (5/5). 

Baca Juga

Sosialisasi penggunaan alat tes Covid-19 dengan menggunakan GeNose di Terminal Poris Plawad tersebut dilakukan selama enam hari, yakni pada 1 Mei hingga 5 Mei 2021. Pada masa sosialisasi tersebut, pengetesannya tidak berbayar alias gratis. 

Alwien mengatakan, selama masa sosialisasi, jumlah kapasitas tes Covid-19 di lokasi tersebut mencapai 1.000. Adapun teknis pengetesannya, dilakukan secara acak kepada para pengguna transportasi publik yang hendak melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung dengan transportasi darat berupa bus. 

Menurut catatannya, penggunaan GeNose terbanyak terjadi pada Selasa (4/5) dengan jumlah yang diperiksa lebih dari 270 orang pengguna bus. Ke depan, lanjut Alwien, pihaknya akan mengupayakan pengetesan bagi seluruh penumpang bus yang melakukan perjalanan dari Terminal Poris Plawad. 

"Untuk ke depan, rencananya akan kita berlakukan secara keseluruhan bagi penumpang yang berangkat dengan menggunakan moda transportasi bus. Sehingga jika ada yang belum mempunyai tes swab antigen atau PCR bisa menggunakan GeNose sebagai syarat perjalanan," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement