Senin 03 May 2021 21:27 WIB

Budayawan: Islam Ajarkan Harmonisasi Manusia dan Alam

Dalam Islam, menjaga alam bagian dari ukhuwah.

Budayawan KH Ngatawi Al Zastrow saat mengisi Ngabuburit Bersama Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan (BKNP PDIP) yang ditayangkan dan bisa ditonton ulang di akun Youtube @bknp pdiperjuangan, Senin (3/5)
Foto:

“Banyak buku penelitian yang mencoba mengkaji kearifan lokal yang dilakukan oleh para Wali termasuk bagaimana Sunan Muria melakukan pertanian sebagai upaya menjaga alam dan merawat kehidupan,” terang Zastrow.

Senada dengan apa yang dilakukan Sunan Muria, Sunan Kalijaga juga mewanti-wanti masyarakat untuk menjaga alam tetap terawat. Bahkan dalam interaksi dengan hewan yang menjadi hama sekalipun.  

Menurut Ngatawi, Sunan Kalijaga mengajarkan bahwa semerusak-rusaknya hewan, manusia tidak boleh membunuh. Kalaupun diambil tindakan, cukup disingkirkan saja. Hal itu karena Allah SWT sudah menciptakan makhluknya sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Jadi kita tidak boleh memandang sebelah mata bahwa alam hanya sebatas dijadikan sumber kehidupan manusia, tapi kita juga diajarkan untuk senantiasa menghormati alam,” katanya.

“Alam merupakan bagian kehidupan kita, alam bukanlah sumber daya melainkan bagian kehidupan kita. Dan kalau kita menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita,” kata Ngatawi Al Zastrow. 

Program Ngabuburit BKNP PDIP dengan tema besar ‘Mata Air Kearifan Walisongo’ hadir setiap hari pada bulan Ramadhan pukul 17.00 WIB. Sementara sebelum sahur, ditampilkan program sejenis juga. Semuanya dapat diikuti melalui kanal Youtube: BKNP PDI Perjuangan, Instagram: BKNPusat dan Facebook: Badan Kebudayaan Nasional Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement