Kamis 29 Apr 2021 11:02 WIB

Dosen Universitas BSI Ikuti Bootcamp Programmer

Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dosen Fakultas Teknik Univesitas BSI

Program studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan kegiatan Bootcamp Programmer untuk dosen. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat minggu yang dimulai sejak 3 April 2021 dan ditutup pada 24 April 2021.
Foto: istimewa
Program studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan kegiatan Bootcamp Programmer untuk dosen. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat minggu yang dimulai sejak 3 April 2021 dan ditutup pada 24 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK--Program studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan kegiatan Bootcamp Programmer untuk dosen. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat minggu yang dimulai sejak 3 April 2021 dan ditutup pada 24 April 2021.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Dwi Aji Mardiyanto selaku Talent Manager Senior Advisor di PT Javan Cipta Solusi dan merupakan founder dari Camp404 yang didampingi oleh dua instruktur yakni Avianti Nastiti dan Novi Aditya yang merupakan Chief Content Creator pada Camp404.

“Kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan prodi Sistem Informasi baik kampus utama maupun PSDKU diantaranya Universitas BSI kampus Pontianak, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Tegal, Tasikmalaya, Sukabumi, Bogor dan Karawang,” tutur kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak, Eri Bayu Pratama, Rabu (28/4).

Eri mengatakan, kegiatan yang terselenggara dalam bentuk tindak lanjut kerja sama Universitas BSI dengan PT Javan Cipta Solusi ini mengangkat dua materi utama yaitu Python Programming dan CodeIgniter Framework (CI) 4.0 dan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting conference.

“Landasan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen-dosen prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas BSI terutama dosen yang terlibat dalam UPA (Unit Pengembang Akademik) di mana hasil dari bootcamp ini diharapkan mendapatkan masukan secara langsung dari para pengembang aplikasi di DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sehingga menjadi bekal dalam peningkatan kualitas bahan ajar dan kemampuan pengembangan bahan ajar bagi dosen di Prodi Sistem Informasi Universitas BSI,” ujarnya. 

Ia menyampaikan pada kegiatan bootcamp ini setiap pertemuan akan mendapatkan materi penjelasan terkait python programming dan Codeigniter Framework (CI) 4.0 dan diikuti quiz pada situs camp404.com. 

“Untuk menguji kemampuan peserta di akhir sesi diadakan tugas project sebagai hasil evaluasi kemampuan peserta selama mengikuti kegiatan bootcamp ditambah ujian akhir berupa multiple choice sebagai evaluasi teori dan praktek secara daring,” kata Dwi.

Pada akhir sesi kegiatan bootcamp yakni 24 April 2021, Perwakilan setiap peserta python programming maupun Codeigniter Framework (CI) 4.0 mempresentasikan hasil pengerjaan project. Adapun beberapa perwakilan yang presentasi diantaranya Syaiful Anwar, Ilham Kurniawan, Ani Oktarini Sari, Ali Mustopa dan Andriansyah.

Salah satu peserta, Ani Oktarini Sari menyampaikan pesan dan kesan terkait kegiatan ini. Menurutnya kegiatan bootcamp404 sangat bermanfaat karena memberikan banyak materi dan pengetahuan baru dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam programmer.  

“Banyak belajar CI secara luas terutama perbedaan CI 3 dan CI 4 sehingga dapat menjadi bekal dalam pengembangan kemampuan di bidang pemrograman CI,” ujar Ali Mustopa, peserta lainnya.

Di akhir acara, kegiatan ditutup dengan penutupan yang disampaikan oleh Dr Didi Rosiyadi selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI.“Kegiatan Kerjasama UBSI dan PT Javan Cipta Solusi dapat berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk kedua belah pihak dan keduanya dapat memberikan kontribusi yang besar bagi negeri tercinta ini,” tandasnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement