Selasa 27 Apr 2021 06:48 WIB

Rumah Aman Gempa PMI Jadi Contoh Pembangunan Perumahan

Rumah tahan gempa ini menunjukman Kota Sukabumi sudah bersiap seandainya ada musibah

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat yang digagas PMI di Kelurahan/Kecamatan Baros, Senin (26/4).
Foto: istimewa
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat yang digagas PMI di Kelurahan/Kecamatan Baros, Senin (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi dijadikan permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting). Di mana permodelan rumah aman gempa ini baru diterapkan di dua daerah yakni Kota Sukabumi dan Banyuwangi.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada saat meninjau permodelan perkuatan rumah aman gempa (Retrofitting) berbasis masyarakat di Kelurahan/Kecamatan Baros, Senin (26/4). Program Retrofitting berbasis masyarakat ini dilaksanakan oleh PMI Kota Sukabumi dengan dukungan PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID.

'' Kami baru saja melihat model rumah aman gempa yang dimiliki warga dan dibangun kerjasama dengan PMI,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Harapanya rumah ini bisa menjadi model percontohan untuk pembangunan rumah sederhana.

Meskipun sederhana kata Fahmi, namun memiliki kekuatan ketika terjadi gempa atau musibah lainnya. Intinya dengan harga atau biaya membangun yang minimalis tapi mampu membuat rumah aman gempa.

'' Semoga model retrofitting ini bisa di adopsi kedalam program pemerintah terutama perumahan,'' kata wali kota. Hal ini karena tidak membutuhkan anggaran yang besar dengan kondisi bangunan yang aman.

Fahmi menuturkan, rumah tahan gempa ini menunjukman Kota Sukabumi sudah bersiap seandainya ada musibah. Salah satunya dengan perumahan yang aman gempa dengan penerapan Retrofitting.

Seperti diketahui pelaksanaan perkuatan rumah contoh (Retrofitting) dengan metode Ferrocement yang digagas oleh Teddy Boen dan di implementasikan oleh PMI. Saat ini Ferosemen adalah salah satu teknik alternatif dengan memperkuat dinding bangunan dengan cara menambahkan anyaman kawat besi.

Teknis model seperti ini di klaim mampu menahan beban dinamis pada saat bencana gempa bumi terjadi. Dalam pelaksanaannya ada dua kabupaten/kota se-Indonesia yang ditunjuk untuk melakukan permodelan retrofitting Rumah Aman Gempa, yakni Kota Sukabumi dan Kabupaten Banyuwangi.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menambahkan, di Kelurahan Baros ini ada dua rumah warga yang dijadikan model percontohan rumah aman gempa. '' Dua rumah ini jadi model awal dari rumah aman gempa,'' kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement