Sabtu 24 Apr 2021 00:27 WIB

Orang Tua Dituntut Jadi Pendengar yang Baik bagi Anak Remaja

Pentingnya penghargaan dan dukungan orang tua dalam setiap proses perkembangan remaja

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin menekankan, pentingnya pola komunikasi efektif antara orang tua dan anak remajanya.
Foto:

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, generasi remaja sekarang merupakan generasi yang sangat kritis, bebas, dan mandiri. Tentunya, pembentukan karakter remaja juga bergantung pada pola asuh orang tua mereka.

"Kalau orang tua menganut pola permisif, maka anak akan diberikan kebebasan sehingga tidak terkendali. Namun, secara teori idealnya pola pengasuhan authoritatif ini yang ideal. Dengan memberikan kebebasan tapi juga tetap ada batasan. Sehingga anak-anak tidak keluar dari koridornya," kata Teguh.

Teguh mengingatkan, salah satu hal yang paling penting ditekankan adalah kemampuan orang tua untuk mendengar dan merespon anak remajanya ketika bercerita atau curhat. Ia mengingatkan, meskipun hasil survey menunjukkan anak remaja lebih sering curhat ke temannya, sebetulnya mereka sangat ingin curhat dengan orang tuanya utamanya soal reproduksi.

"Namun karena adanya gap, seringkali relasi tersebut gagal terbangun. Ini penting untuk menghindari kegagalan relasi karena adanya gap," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement