Selasa 13 Apr 2021 17:43 WIB

Pesan Tegas Erdogan-Dbeibeh untuk Timur Tengah

Turki di bawah Erdogan memainkan peran cukup dominan di Timur Tengah dan Eropa

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Presiden Recep Tayyip Erdogan menerima kunjungan Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibeh di Ankara. (Foto file - Anadolu Agency)
Foto:

Pernyataan bersama itu menekankan pentingnya kontribusi Turki bagi pembangunan dan pembuatan gencatan senjata permanen dan berkelanjutan di Libya.

Pernyataan itu menekankan pentingnya mengadakan konferensi regional untuk mendukung dialog dan kerja sama di Mediterania Timur untuk menjamin hak-hak kedua pihak.

Presiden Turki pada Senin menyambut perdana menteri Pemerintah Persatuan Nasional Libya dengan upacara resmi di ibu kota Ankara.

Erdogan dan delegasi senior Turki menyambut Dbeibeh dan delegasi tingkat tingginya di kompleks kepresidenan di Ankara.

Delegasi senior Libya termasuk lima wakil perdana menteri dan 14 menteri, serta Kepala Staf Militer Libya Muhammad Ali Ahmad al-Haddad.

Libya jatuh ke dalam kekacauan dan perang saudara setelah penggulingan Muammar Gaddafi pada 2011. Turki lama mendukung upaya Pemerintah Persatuan Nasional untuk menyatukan negara.

Pada 5 Februari, delegasi Libya memilih Mohammad Menfi untuk memimpin tiga anggota Dewan Presiden dan perdana menteri baru negara itu.

Pertemuan tersebut berfokus pada masalah regional dan internasional dan mereka meninjau semua aspek hubungan bilateral antara Turki dan Libya. Pertemuan ini juga membahas langkah-langkah untuk lebih meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

Topik utama mencakup sektor energi dan perawatan kesehatan, serta perusahaan Turki yang kembali ke Libya untuk melanjutkan operasi yang terhenti akibat kekacauan setelah penggulingan Muammar Gaddafi pada 2011.

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement