Selasa 13 Apr 2021 11:12 WIB

Anggota Brimob Meninggal Usai Divaksin AstraZeneca?

Viral Anggota Brimob Maluku Meninggal Usai Divaksin AstraZeneca, Cek Faktanya...

Rep: Cek Viral/ Red: Elba Damhuri
Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyatakan anggota Brimob Maluku meninggal usai divaksin AstraZeneca. (Twitter)
Foto:

Penjelasan:

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menegaskan anggota Brimob Polda Maluku Iptu Laurens Tenine meninggal dunia karena terjangkit COVID-19, bukan akibat vaksinasi.

"Dilakukan sampel pemeriksaan COVID-19 di RS Haulussy Ambon dengan hasil positif," kata Argo sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Polda Maluku, lanjut Argo, telah melakukan pemeriksaan dan memastikan Iptu Laurens Tenine yang bertugas sebagai anggota Brimob Polda Maluku meninggal dunia karena terjangkit COVID-19.

Argo Yuwono mengemukakan Iptu Laurens Tenine meninggal dunia bukan karena disuntik vaksin Astra Zeneca tetapi karena sebelum disuntuk vaksin, almarhum telah positif Covid-19. 

Ia menyatakan telah dilakukan sampel pemeriksaan Covid-19 [RT-PCR] di RS Haulussy Ambon dengan hasil positif.

Kronologi meninggalnya anggota Brimob tersebut, Argo menjelaskan keluarga pasien tiba ke RS Bhayangkara dengan kondisi Iptu Laurens Tenine sudah tidak sadarkan diri. Setelah diperiksa oleh dokter jaga di UGD, diketahui tidak ada respons napas dan nadi. 

Dokter jaga di UGD melakukan tindakan resusitasi jantung dan paru selama satu siklus dan dinyatakan tidak berhasil. Pasien juga diperiksa rekam jantung dengan alat EKG  didapatkan hasil norespons. Untuk refleks pupil dan kornea negatif dan dinyatakan meninggal dunia pukul 07.17 WIT.

Program vaksinasi untuk aparat kepolisian di Kota Ambon mulai berlangsung pada Ahad (28/3), setelah sehari sebelumnya dilaksanakan untuk tenaga kesehatan. 

Vaksinasi Covid-19 untuk seluruh personel kepolisian daerah itu dijadwalkan berlangsung selama tiga hari. Untuk penyuntikan vaksin tahap pertama dilakukan terhadap 300 personel Brimob Polda Maluku.

Kesimpulan:

Klaim informasi anggota Brimob Maluku meninggal usai divaksin AstraZeneca adalah salah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement