Ahad 04 Apr 2021 15:19 WIB

Penipuan Modus Pinjam KTP untuk Pinjaman Online

Hoaks modus meminjam KTP yang mengatasnamakan mahasiswa sedang skripsi untuk peminjaman online adalah hoaks lama yang beredar kembali. Tapi, kali ini hoaksnya ditambahi dengan beberapa narasi.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Penipuan Modus Pinjam KTP untuk Peminjaman Online
Penipuan Modus Pinjam KTP untuk Peminjaman Online

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hoaks modus meminjam KTP yang mengatasnamakan mahasiswa sedang skripsi untuk peminjaman online adalah hoaks lama yang beredar kembali.  Namun, hoaks yang kini diedarkan ulang ditambah beberapa narasi di dalamnya.

Ijin kasih info min 

Waspada di mohon kepada seluruh masyarakat di wilayah:

Bandung

Garut

Purwakarta

Subang

Karawang

Cirebon

Majalengka

Lebak

Cilegon

Pandeglang

Serang

Bogor

Depok

Sukabumi

Cianjur

Makasar

Kendari

Menado

Ambon

Bekasi

Papua

Jika ada Pemuda/Pemudi yang mengatasnamakan dari universitas/perguruan tinggi dan meminta anda untuk menunjukkan KTP dengan alasan sebagai bahan untuk skripsi dan orang tersebut akan memphoto KTP anda, jangan diijinkan apalagi dengan imbalan uang sebagai tanda terima kasih .. Karena foto KTP tersebut di gunakan untuk Peminjaman dana secara Online.

Jika kita menunjukan KTP, maka mereka memphoto KTP kita, KTP yang diminta adalah KTP yang sudah elektik.

silahkan dishare,

Berita dari Disduk Kab. Bandung dan Kab. Serang

Waspada,

MOHON BANTU DI SEBAR KAN

Itulah narasi hoaks yang kini sedang beredar.

Pemeriksaan Fakta

Sebelumnya, hoaks yang sama pernah beredar pada dua tahun lalu, tepatnya November 2019. Pada 23 November 2019, Disdukcapil Kota Bandung mengklarifikasi isu modus pinjam KTP untuk pinjaman online ini di laman Instagramnya.

"Disdukcapil Kota Bandung TIDAK PERNAH MENGELUARKAN STATEMENT TERSEBUT," tulis Disdukcapil.

Berdasarkan analisis Cek Fakta Ayobandung.com, hoaks yang kali ini beredar adalah hasil suntingan dari hoaks lama dengan ditambahi dan diganti beberapa narasi di dalamnya, seperti penambahan nama Kota, penggantian dari Disdukcapil Kota Bandung menjadi Disdukcapil Kabupaten Bandung dan penambahan Disdukcapil Kabupaten Serang.

Berikut hoaks lama yang sama yang pernah beredar pada 2019:

Assalamualaikum wr.wb

Di mohon waspada untuk seluruh rakyat Jawa Barat terutama  wilayah

1. Bandung

2. Bekasi

3. Purwakarta

4. Cirebon

5. Majalengka

Jika ada pemuda/pemudi yang  mengatas namakan dari universitas/perguruan tinggi dan meminta anda utk menunjukkan KTP dg alasan sebagai bahan untuk skripsi dan orang tersebut akan memfoto KTP anda, jangan diijinkan. Karena foto KTP tersebut di gunakan untuk peminjaman Online

Ini sudah terjadi di wilayah" tersebut, mohon di waspadai bila ada seseorang meminta untuk menunjukan KTP dan dia ingin memfoto KTP anda.

*Berita ini langsung dari dispenduk Bandung

Kesimpulan

Narasi mengenai penipuan dengan modus pinjam KTP untuk peminjaman online yang mengatasnamakan mahasiswa dari perguran tertinggi tertentu adalah hoaks lama yang beredar kembali.

Hoaks kali ini hanyalah narasi hasil suntingan dengan ditambahi dan diganti beberapa narasi di dalamnya, seperti penambahan nama Kota, penggantian dari Disdukcapil Kota Bandung menjadi Disdukcapil Kabupaten Bandung dan penambahan Disdukcapil Kabupaten Serang.

Sumber hoaks: Pesan berantai di WhatsApp

Link counter hoaks:

https://ayobandung.com/read/2019/11/25/71082/cek-fakta-penipuan-pinjaman-online-dengan-modus-foto-ktp

https://www.instagram.com/p/B5NndIrhFgt/?utm_source=ig_embed

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement