Kamis 01 Apr 2021 20:34 WIB

Forkopimda Gorontalo Komitmen Amankan Perayaan Paskah

Umat Nasrani yang akan merayakan Paskah tak perlu khawatir menyusul aksi terorisme.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Ahkmad Wiyagus didampingi Sekda Provinsi Dr Darda Daraba saat menyampaikan komitmenya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman saat perayaan Paskah.
Foto: Humas Polda Gorontalo
Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Ahkmad Wiyagus didampingi Sekda Provinsi Dr Darda Daraba saat menyampaikan komitmenya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman saat perayaan Paskah.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Forum Koordinasi Piminan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo berkomitmen memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayahnya yang akan merayakan Paskah. "Polri, TNI, dan Pemprov Gorontalo berkomitmen memberikan kenyamanan terhadap seluruh kegiatan masyarakat, termasuk ibadah perayaan Paskah,” kata Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, dalam siaran persnya yang diterima Republika.,co.id, Kamis (1/4).

 

photo
Forkopimda Gorontalo komitmen amankan perayaan Paskah. - (Humas Polda Gorontalo)
 
 

Wiyagus menyampaikan hal tersebut usai Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Perayaan Paskah di Lapangan Mapolda Gorontalo, Kamis (1/4). Hadir dalam acara tersebut Wakapolda Gorontalo, Brigjen Pol Drs Pudji Prasetijanto Hadi, Sekda Provinsi Gorontalo Dr Darda Daraba, Kabinda Ferry Pribadi, Danrem 133/NWB yang diwakili Kasiops, Komandan Brigif 022 Otamanasa, Danyon 713, Dansat Radar,Danlanal, Kasatpol PP Provinsi, dan tokoh agama Kristen dan Katolik. 

Usai upacara, Wiyagus mengajak pejabat Forkoimda dan tokoh agama berdiskusi membahas kondisi terkini wilayah Provinsi Gorontalo di ruang Rapat Utama Mapolda. Dalam diskusi tersebut, Wiyagus menyakinkan, bahwa umat Nasrani yang akan merayakan Paskah tak perlu khawatir menyusul aksi terorisme di sejumlah wilayah dalam beberapa hari terakhir ini. 

"Kami akan berupa memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang akan merayakan Paskah," kata dia.

Wiyagus mengatakan, dinamika kamtibmas yang terjadi saat ini harus disikapi oleh semua pihak dengan tenang namun tetap waspada. "Jangan lantas membuat kita takut, namun menjadikan kita lebih waspada dan peka terhadap keamanan lingkungan sekitar. Perlu dipahami bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri, melainkan perlu peran serta semua pihak termasuk juga masyarakat,” tutur dia.

Sementara itu, Sekda Dr Darda Daraba menyampaikan apresiasinya atas respons yang cepat Polda Gorontalo terkait pengamanan di wilayah Provinsi Gorontalo. “Mewakili Bapak Gubernur, Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat mengapresiasi atas quick respon Polda Gorontalo dalam pengamanan di wilayah Provinsi Gorontalo. Kami sangat mendukung  dan siap bersama-sama Polda menciptakan kamtibmas di wilayah Provinsi Gorontalo,” kata dia.

Kasiops Korem 133/NWB, Kolonel Inf Andri Amijaya Kusumah menyatakan, dukungannya terhadap Polda Gorontalo dalam menciptakan kondusifitas  kamtibmas. “Jajaran TNI, Korem 133, Brigif 022 Otamanasa, Batalyon, siap bersinergi dengan Polda untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat terutama yang akan melaksanakan ibadah Paskah,” ujar dia.

Pendeta Juanita T yang hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan apresiasinya atas komitmen aparat keamanan di Provinsi Gorontalo menjelang perayaan Paskah. Ia sebelumnya sempat khawatir pascaaksi teror di Makassar dan Mabes Polri. 

“Kami sangat apresiasi atas jaminan keamanan dan kenyamanan yang diberikan oleh Polda Gorontalo dan jajaran TNI dalam merayakan  ibadah Paskah. Sebelumnya muncul kekawatiran kami dan para jamaat,  tapi dengan komitmen aparat keamanan kami merasa nyaman," tutur dia.

Dalam pengamanan perayaan Paskah di wilayah Provinsi Gorontalo, aparat gabungan TNI/ Polri mengerahkan sebanyak 600 personel . "Personel gabungan TNI Polri sudah disiapkan sejumlah lebih dari 600 personel. Bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Paskah silakan laksanakan secara khidmat tanpa perlu khawatir, kami TNI dan Polri siap memberikan jaminan keamanan,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement