Senin 29 Mar 2021 21:41 WIB

Dinkes Kota Bogor Suntik Lansia di Panti Wreda

Ada 230 orang penghuni serta tenaga kesehatan (nakes) panti yang menerima vaksin

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meninjau vaksinasi lansia di Panti Wredha Salam Sejahtera, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara.
Foto: Dok. Prokopim Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meninjau vaksinasi lansia di Panti Wredha Salam Sejahtera, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) di Kota Bogor masih terus dilanjutkan. Untuk mempercepat vaksinasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan sistem jemput bola ke Panti Wredha Salam Sejahtera, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara.

Dalam pelaksanaan vaksinasi secara langsung denga sistem jemput bola, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor bekerjasama dengan DocLink Indonesia dan TelkoMedika. Setidaknya, ada 230 orang penghuni, serta tenaga kesehatan (nakes) panti yang menerima vaksin.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto turut mengapresiasi kerjasama ini. Sebab, menurutnya program ini dapat membantu program percepatan vaksinasi pemerintah. Terutama pada sasaran penerima lansia."Ini program yang bagus. Sesuai dengan arahan sasaran utama, lansia. Tim DocLink ini jemput bola, jadi warga lansia yang belum bisa hadir di lokasi vaksinasi, bisa lewat tim. Tentu kami apresiasi karena mendukung program vaksinasi pemerintah," kata Bima Arya.

Sementara itu, Co-Founder DocLink Indonesia, Dion Dewa Barata mengatakan, hal ini mendukung program vaksinasi kepada salah satu sasaran utama, yakni lansia. Termasuk pemberian vaksin terhadap lansia tertua di Panti Wredha Salam Sejahtera, yakni yang berusia 95 tahun.

"DocLink mencoba untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, khususnya program vaksinasi Covid-19, yang menjadi program utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini," tuturnya.

Senada, Co-Founder DocLink Indonesia, Raden Bambang Sulilstyo menuturkan, guna melengkapi proses pelaksanaan dan juga mempercepat jangkauan dan membantu bagi lansia yang kesulitan dalam mobilisasi menuju lokasi vaksinasi."Kami dan Dinkes mengharapkan dengan pelaksanaan vaksinasi secara on site, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat. Khususnya penghuni panti wredha," tandas pria yang akrab disapa Bonnie itu. 

Di tempat yang sama, Direktur TelkoMedika, dr Monica Morratha Sihombing mengatakan, TelkoMedika memiliki program utama yang mengacu pada Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif.

Untuk Program Preventif, Telkomedika fokus pada pelayanan vaksinasi. Seperti Vaksinasi influenza, meningitis, hepatitis-B, pneumonia, ca cervix dan vaksinasi lainnya. Termasuk vaksin Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, pelaksanaan vaksinasi secara jemput bola akan kembali dilaksanakan di empat panti wreda lain. Dalam rangka percepatan pemberian vaksin terhadap masyarakat yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini. "Sasaran selanjutnya adalah vaksinasi ke panti wreda yang lainnya, yang sudah terdata ada empat panti wreda di Kota Bogor," pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement