Kamis 25 Mar 2021 20:15 WIB

Kisruh Kadin Jabar, Tatan: Tunggu Keputusan Pengadilan

Kepengurusan Cucu Sutara yang melakukan kudeta kepada Ketum Kadin Jabar yang sah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Kantor Pengadilan Negeri Bandung di Jl RE Martadinata. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Djoko Suceno
Kantor Pengadilan Negeri Bandung di Jl RE Martadinata. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Tatan Pria Sudjana meminta, supaya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan masyarakat untuk tidak melibatkan Cucu Sutara dalam berbagai kegiatannya. Sebab, kepengurusan Cucu Sutara yang melakukan kudeta kepada Ketum Kadin Jabar yang sah, sedang bergulir di pengadilan.

“Saya minta supaya masyarakat, organisasi dan instansi pemerintah tidak melibatkan Cucu Sutara dalam program-program Pemerintah Daerah sampai dengan adanya keputusan hukum yang inkrah,” ujar Tatan Pria Sudjana kepada wartawan di Bandung, Kamis (25/3).

Menurut Tatan, pihaknya telah mengirim surat kepada Forkopimda, perangkat Daerah/SKPD/OPD Tingkat Jawa Barat, para mitra sejajar, kepala daerah se-Jawa Barat, serta pimpinan partai politik di Jabar. Dalam surat tersebut, dijelaskan kronologis kudeta yang dilakukan Cucu Sutara atas kepemimpinan Tatan.

“Mari kita hormati proses hukum yang sedang berlangsung. Negara ini negara hukum. Kami khawatir bila proses yang telah bergulir di pengadilan ini diabaikan akan menambah kegaduhan dan kekacauan di lingkungan Kadin Jawa Barat,” papar Tatan.

Mahasiswa program doktoral di Fakultas Hukum Unpad ini menjelaskan, Dewan Pengurus Kadin Indonesia bukan merupakan pejabat tata usaha negara. Sehingga, asas praduga rechmatig (Presumptio Iustae Causa) tidak dapat diterapkan terhadap keputusan Dewan Pengurus Kadin Indonesia apabila terjadi gugatan ke Pengadilan. 

“Artinya, segala keputusan yang dikeluarkan oleh Dewan Pengurus Kadin Indonesia tidak dapat diterapkan selama ada upaya hukum yang diajukan ke Pengadilan atas keputusan tersebut,” kata Tatan. 

Oleh karena itu, Tatan Pria Sudjana masih menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Kadin Jawa Barat Masa Bakti 2019-2024 hasil Muprov VII di Cirebon Tahun 2019. Kadin di bawah kepengurusannya tetap menjalankan program-program Kadin Jawa Barat, termasuk program pemulihan ekonomi dalam pengembangan sektor industri dan perdagangan di era Covid-19.

Kronologi

Sebagaimana diberitakan, sekelompok orang yang mengatasnamakan Kadin Jawa Barat melalui Musyawarah Luar Biasa (Muprovlub) bertempat di Kabupaten Purwakarta pada bulan September tahun 2020. Kelompok yang dipimpin Cucu Sutara tersebut secara terencana, terstruktur dan masif melakukan permufakatan jahat dengan melakukan pemilihan ketua umum baru. 

Hal tersebut bertentangan dengan norma, kaidah dan nilai positif yang ada dalam hukum organisasi, yaitu UU No 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Kepres No 17 tahun 2010 tentang AD/ART Kadin Indonesia.

Untuk itu, Kadin Jabar di bawah kepemimpinan Tatan mengajukan gugatan atas Perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang dilakukan Cucu Sutara. Gugatan dengan Nomor Perkara Gugatan 383/Pdt.G/2020/PN BDG saat ini sedang disidang di Pengadilan Negeri Bandung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement