Ahad 21 Mar 2021 20:00 WIB

Relawan Siaga Komit Bantu Warga Terdampak Bencana

Relawan Siaga siap memberikan pelatihan kebencanaan di kawasan rawan bencana.

Relawan Siaga
Foto:

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Semangat itu tentu saja yang mendorong Relawan Siaga untuk senantiasa bermanfaat bagi orang lain. Ini komitmen kami, menjadi organisasi kemanusiaan yang selalu berada di depan dalam membantu masyarakat yang mengalami kesulitan, yang mengalami bencana,” jelas Sandiaga, dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang diadakan di Mega Mendung, Sabtu (20/3) malam. 

Sekretaris Jenderal Relawan Siaga HMBC Rikrik Rizkiyana menyatakan, Relawan Siaga merupakan organisasi kemanusiaan baru yang lahir dari kekosongan kemanusiaan di tengah bencana dan musibah yang semakin marak terjadi di Indonesia. Ia pun meminta agar masyarakat selalu mendukung kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Relawan Siaga selama ini. 

Sementara itu, Kepala Pusdiklat BNPB Berton Suar Panjaitan, menyatakan bahwa tren bencana Indonesia yang terus meningkat dalam satu dekade terakhir membutuhkan perhatian serius. Ia mengapresiasi Relawan Siaga yang ikut terjun langsung membantu memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terdampak bencana. 

“Peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana di Indonesia ini sangat diperlukan. Kami mengapresiasi Relawan Siaga yang sudah aktif bergerak memberikan bantuan kemanusiaan dalam beberapa tahun terakhir ini. Kami juga mengimbau kepada masyarakat lainnya untuk menjadi relawan, khususnya dalam kebencanaan,” kata Berton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement