Senin 15 Mar 2021 10:04 WIB

Esensi Nyepi Kendalikan Hawa Nafsu dan Ketamakan Korupsi

Ketamakan adalah sisi kelam manusia.

Esesnsi Nyepi dan Catur Bratha untuk mengendalikan hawa nafsu yang membangkitkan ketamakan, sisi kelam manusia.
Foto:

Tentu cara pandang dan pemahaman seperti ini sangat keliru dan harus diubah. Salah satunya dengan memaknai esensi Nyepi dan Catur Bratha dalam setiap individu dan seluruh eksponen bangsa, agar negeri ini dapat segera terlepas dari gurita korupsi yang telah lama mencengkram republik ini.

Jika dicermati secara utuh, esensi Nyepi dan Catur Bratha juga sebagai salah satu bentuk pendidikan untuk membangun karakter, integritas, dan semangat anti korupsi. Mengingat muara dari persoalan korupsi adalah hilangnya integritas, karakter serta nilai-nilai antikorupsi dalam diri bangsa ini.

Terakhir kami ucapkan: Rahajeng nyanggra rahina Nyepi Caka 1943, Rahina Nyepi dumogi prasida kaanggen jalaran ngeret indria, pinaka sarana kaanggen mulat sarira ring sajeroning angga sarira.

Selamat menyambut Hari Nyepi Caka 1943, Hari Nyepi semoga dapat dijadikan sarana menahan hawa nafsu, mari kita jadikan sebagai sarana intropeksi diri untuk meneguhkan nilai-nilai dan semangat anti korupsi.Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement