Ahad 14 Mar 2021 13:20 WIB

21 Warga Sebuah Perumahan di Tasikmalaya Positif Covid-19

Kasus bermula dari seorang tokoh masyarakat sakit dan warga menjenguk.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebanyak 21 warga di salah satu perumahan di Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, aktivitas di perumahan itu dibatasi secara ketat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra mengatakan, kasus di perumahan itu bermula dari salah seorang yang sakit. Warga yang sakit tersebut merupakan tokoh masyarakat.

Baca Juga

"Warga sekitar kemudian menjenguk yang sakit itu," kata dia saat dihubungi Republika, Ahad (14/3).

Setelah dijenguk, warga yang sakit tersebut tak kunjung sembuh dan justru semakin parah. Alhasil, tetangganya yang lain membantu menggendong menaikkan warga yang sakit itu untuk dibawa ke rumah sakit. 

Asep menjelaskan, setelah sampai di rumah sakit, dilakukan pengetesan kepada orang itu. Hasilnya, orang itu terkonfirmasi positif Covid-19. "Ketika masuk ke TMC ternyata positif," kata dia.

Kemudian, tim surveilans melakukan penelusuran kepada kontak erat pasien tersebut. Dari sekira 50 orang yang dilakukan tes usap (swab), total ada 21 orang yang terkonfirmasi dari perumahan tersebut. "Semua yang jenguk dan gendong semua positif," ujar dia.

Asep mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Sebab, virus corona dapat berada di mana saja. Karenanya, masyarakat diimbau terus menerapkan disiplin protokol kesehatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement