Senin 01 Mar 2021 00:50 WIB

Budi Daya Asparagus Miliki Potensi di Temanggung

Kabupaten Temanggung terkenal dengan hasil komoditas tembakau dan kopi.

Asparagus
Foto: The Guardian
Asparagus

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Budi daya asparagus merupakan salah satu tanaman alternatif yang menjanjikan bagi petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ketua Asosiasi Petani Asparagus Temanggung (APAT) Basori Supriyanto mengatakan asparagus tergolong tanaman baru yang dibudidayakan sejumlah petani di Temanggung.

Selama ini Kabupaten Temanggung terkenal dengan hasil komoditas tembakau dan kopi."Asparagus bisa menjadi tanaman alternatif yang bisa dibudidayakan di Temanggung dengan hasil yang bagus," katanya.

Baca Juga

Ketika dirawat dengan sungguh-sungguh, diberikan nutrisi dengan cukup dan selalu dibersihkan dari gulma, setiap 1.000 tanaman asparagus per tahun bisa menghasilkan satu ton rebung asparagus grade A dan B.

Menurut dia keuntungan budi daya asparagus karena merupakan tanaman tahunan, jadi satu kali tanam dia bisa hidup 10 tahun bahkan lebih tergantung perawatan."Selain itu, bisa dipanen setiap hari, dari 1.000 tanaman rata-rata per hari bisa menghasilkan 3-4 kilogram rebung, baik grade A, B, maupun grade C," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement