Rabu 24 Feb 2021 19:28 WIB

Usai Ricuh, Vaksinasi di Tanah Abang Ditiadakan Hari Ini 

Vaksinasi bagi pedagang di Tanah Abang akan dilanjut Kamis (25/2)

Rep: Febryan A/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Papan pengumuman tak ada proses vaksinasi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (24/2).
Foto: Republika/Febryan. A
Papan pengumuman tak ada proses vaksinasi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (24/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksinasi Covid-19 bagi pedagang di Pasar Tanah Abang ditiadakan hari ini, Rabu (24/2). Penghentian dilakukan lantaran terjadinya kericuhan dan kerumunan saat proses vaksinasi dua hari sebelumnya, Senin dan Selasa. 

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan, menjelaskan, vaksinasi ditiadakan hari ini di Pasar Tanah Abang karena terjadi kerumunan calon penerima vaksin selama dua hari terakhir. "Kemarin, pada Selasa itu, ada pembubaran secara paksa karena terjadi penumpukan sampai malam," kata Singgih kepada wartawan, Rabu (24/2). 

Baca Juga

Singgih menyebut, vaksinasi bagi pedagang di Pasar Tanah Abang akan kembali digelar besok, Kamis (25/2). "Jadi hari ini vaksin disetop dulu untuk dibenahi protokol kesehatan di pasar. Besok akan dilanjutkan lagi," ujarnya selaku pihak yang mengamankan proses vaksinasi di sana. 

Republika juga telah mencoba untuk mengkonfirmasi hal ini kepada sejumlah otoritas terkait. Mulai dari Kepala Dinas Kesehatan DKI, Kepala Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta, hingga Manajer Bidang Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya. Namun tak satupun merespons.

 

Berdasarkan pantauan Republika, memang tak ada proses vaksinasi di Pasar Tanah Abang. Hanya tampak tersedia meja pendaftaran untuk mendapatkan kupon. 

Sebelumnya, ratusan pedagang, yang hendak ikut vaksinasi Covid-19, terhenti di lantai 7, Blok A, Pasar Tanah Abang, Senin (22/2). Mereka tak diperbolehkan naik menuju lantai 8, tempat lokasi vaksinasi Covid-19. Beberapa di antara mereka pun cekcok dengan petugas. 

Pada Selasa (23/2), kejadian serupa kembali terjadi di Blok A Pasar Tanah Abang. Berdasarkan pantauan Republika, tampak ratusan pedagang antre dengan berdesak-desakan di lantai 8. Mereka ingin segera mendapatkan suntik vaksin karena sudah menunggu berjam-jam. Lantaran kerumunan terus terjadi, pihak kepolisian pun menghentikan vaksinasi pada Selasa malam. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun akhirnya memperpanjang periode pelaksanaan pemberian vaksinasi massal bagi pedagang Pasar Tanah Abang. Sebab, masih banyak dari pedagang belum terlayani dan menerima vaksin Covid-19. 

"Sebelumnya kontrak kita dengan Pasar Jaya hanya enam hari, tetapi Pasar Jaya membuka pendaftaran ulang. Pendaftar terakumulasi sampai 21 ribu pendaftar. Insya Allah ini, kita akan layani," ujar Koordinator Pelaksana Vaksinasi Tanah Abang, Siti Khalimah, di Pasar Tanah Abang blok A lantai 8, Jakarta Pusat, Selasa (23/2).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement