Ahad 21 Feb 2021 03:19 WIB

Tips Memasak Cepat, Sehat, dan Hemat

Para ibu kerap alami kesulitan menyiapkan makanan cepat, sehat, dan hemat.

Hekso Titi Rahayu, pemilik catering Dapur Marwah punya tips yang dibagikannya pada kuliah online melalui grup WhatsApp yang diselenggarakan oleh Salimah Tulungagung, Sabtu (20/2) siang.
Foto:

Langkah ketiga adalah merancang penyimpanan makanan dengan cara yang tepat. Berikutnya, gunakan teknik memasak cepat. Memasak dengan berbagai menu cukup memakan waktu.

"Agar tidak terlalu lama, kita bisa menyiasatinya. Pertama, memilih bahan makanan yang cepat matang. Misal, ikan filet atau ayam filet. Sedangkan untuk sayuran usahakan memotongnya kecil-kecil, kerena akan membantu mempercepat proses matang. Kedua, sediakan masakan beku untuk waktu yang mepet. 

Selanjutnya, yang ketiga adalah memilih teknik memasak kilat dengan masakan yang mudah, dengan bumbu sederhana tetapi tetap enak. Misalnya oseng atau sayur bening. Keempat, memasak menu tiga dalam satu. Sekali masak sudah ada sayur dan lauk sekaligus.

Misal, oseng tahu cambah dengan ditambahkan filet ayam atau sosis. Kelima, menggunakan alat elektronik. Misal, bumbu diblender, menanak nasi dengan rice cooker. Keenam, menyediakan bumbu jadi.

"Bunda bisa menyediakan bumbu dasar seperti bumbu putih, kuning dan merah. Bisa membeli maupun meracik sendiri. Juga menyediakan bumbu siap pakai seperti santan instan,” kata Titi. ( 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement