Jumat 19 Feb 2021 22:29 WIB

IDI: Izin Turnamen Pramusim Piala Menpora tak Sesuai PPKM

IDI meminta turnamen Pramusim Piala Menpora Digelar tanpa Penonton

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) menyerahkan surat izin keramaian kepada Menpora Zainudin Amali (kiri) usai melakukan pertemuan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Kepolisian memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang rencananya digelar pada 20 Maret hingga 25 Apri 2021.
Foto:

 Tanpa penonton

Kendati demikian, dia melanjutkan, jika izin telah dibuat maka turnamen bisa tetap digelar namun tanpa pengunjung. Atau bisa juga mengambil opsi pengurangan pengunjung. Kemudian, dia melanjutkan, pemainnya juga harus memakai masker dan baru melepasnya ketika turun ke lapangan. 

Zibairi mengakui kalau sudah berada di lapangan terbuka,  risiko penularan virus lebih rendah. Namun ia khawatir seringkali dalam turnamen sepak bola tidak jarang terjadi tabrakan yang berisiko menularkan virus. Kemudian yang tak kalah penting, dia melanjutkan, pemain maupun pengunjung harus menyertakan tes PCR negatif Covid-19 menjelang pertandingan.  

"Tetapi perlu diketahui, turnamen pemanasan Australia Open dibatalkan akibat Covid-19. Sebanyak 600 orang diminta untuk isolasi akibat seorang pekerja hotel tempat olahragawan tinggal positif terinfeksi Covid-19," ujarnya.

Artinya, dia melanjutkan, kalau sebelum pertandingan digelar ternyata ada yang positif atau di tempat atlet di hotel ada yang tertular virus, misalnya pegawai hotel maka Zubairi meminta turnamen dibatalkan. Ia mengakui memang banyak syarat kalau ingin melakukan aktivitas pertandingan, termasuk pemeriksaan di tempat mereka tinggal, pegawainya, hingga pemainnya. 

"Kemudian harus siap untuk batal," katanya.

Sebelumnya, Polri resmi memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dijadwalkan berlangsung pada bergulir 20 Maret hingga 25 April. Izin tersebut diserahkan langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta.

"Semoga semua pemangku kepentingan sepak bola, baik klub, pemain dan juga para suporter dapat menjaga komitmen bersama terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas," ujar Listyo.

 

Kemudian, Kapolri menegaskan bahwa turnamen pramusim ini menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement