Rabu 17 Feb 2021 23:51 WIB

Menkes Akui Tes Spesimen Covid Berkurang Saat Libur Panjang

Menkes sebut PPKM telah berhasil mengurangi laju penularan Covid.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui kemampuan testing spesimen Covid-19 selalu turun saat hari libur. Apalagi ketika imlek kemarin libur lumayan panjang.

"Kebetulan libur imlek kemarin agak panjang, jadi selama empat hari terakhir testingnya turun. Bukan karena apa-apa, ini karena libur," ujarnya saat konferensi virtual Kemenkes, Rabu (17/2).

Baca Juga

Selama libur, dia melanjutkan, baik petugas yang melakukan pengujian spesimen maupun yang dites juga berkurang. Ia mengakui, fenomena ini konsisten terjadi setiap hari libur.

Terkait permasalahannya, ia mengaku terlalu dini untuk bisa memberikan kesimpulan. Sebab, pihak Kemenkes masih harus melakukan cek permasalahan. Kendati demikian, ia mengeklaim puncak laju penularan Covid-19 sejak liburan natal dan tahun baru sudah dicapai.

Menurut Budi, ini merupakan dampak dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesudah libur natal dan tahun baru yang bisa membatasi pergerakan masyarakat. "Sehingga, PPKM mengurangi laju penularan.  Yang paling penting adalah mengurangi laju penularan pandemi ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement