Rabu 17 Feb 2021 19:12 WIB

MTsN 1 Bogor Peduli Bencana, Kumpulkan Rp 16 Juta

Dana tersebut rencananya akan disalurkan melalui panitia Kemenag Peduli Bencana

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Kepsek MTSN 1 Bogor Eti Munyati  (kiri)  bersama Kepala Kemenag Kab.Bogor Abas Resmana saat penyerahan sumbangan untuk Penduli Bencana dari MTSN 1 Bogor.
Foto: Humas MTSN1 Bogor
Kepsek MTSN 1 Bogor Eti Munyati (kiri) bersama Kepala Kemenag Kab.Bogor Abas Resmana saat penyerahan sumbangan untuk Penduli Bencana dari MTSN 1 Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bogor melakukan penggalangan dana selama sepekan di awal Februari 2021. Dalam sepekan, terkumpul dana sebesar Rp 16 juta. Dana tersebt akan diberikan kepada korban bencana di beberapa daerah di Indonesia.

Kepala MTsN 1 Bogor, Eti Munyati mengatakan, dana tersebut rencananya akan disalurkan melalui panitia Kementerian Agama (Kemenag) Peduli Bencana. "Sumbangan ini disalurkan melalui panitia Kemenag Peduli Bencana, untuk meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang mengalami bencana,” ujar Eti, Rabu (17/2).

Baca Juga

Eti mengemukakan, penggalangan dana ini sudah biasa dilakukannya sejak lama. Untuk itu, dia mengajak semua pihak mulai dari pimpinan, guru, tata usaha (TU), komite sekolah, orang tua, serta siswa untuk berpartisipasi dalam program sekolah ini.

Awalnya, Eti mengatakan, penggalangan dana ini hanya dilakukan oleh sejumlah guru dan pegawai. Namun, program ini ternyata mendapat sambutan yang baik dari para orang tua. "Awalnya hanya guru dan pegawai. Selanjutnya mengajak orang tua dan komite. Dan ternyata mendapat sambutan yang sabgat antusias dari orang tua," jelas Eti.

Ketua Komite Madrasah, Wawan Hernawan juga turut memberi dukungan terhadap kegiatan amal ini. Menurutnya, kepedulian sosial memang dibutuhkan. Apalagi, sejumlah bencana yang melanda beberapa daerah di Indonesia datang ketika pandemi Covid-19 melanda. "Di tengah kesulitan yang menimpa masyarakat memang sangat dibutuhkan kepedulian sosial," ujar Wawan.

Sementara itu, Wakil Kepala Humas MTsN 1 Bogor, Agus Widiyano mengatakan, program penggalangan dana ini rutin dilaksanakan oleh pihak sekolah. Di mana, diharapkan program ini dapat menumbuhkan rasa solidaritas sesama anak bangsa.

"Selain memupuk rasa solidaritas sesama anak bangsa. Aksi kemanusiaan ini diharapkan dapat memupuk kembali rasa kebersamaan dan gotong royong antar anggota masyarakat," ucap Agus.

Tak hanya itu, OSIS MTsN 1 Bogor yang terdiri atas sejumlah siswa juga aktif membantu dilaksanakannya program ini. Ketua OSIS MTsN 1 Bogor, Aika Salsabila mengaku senang bisa berpartisipasi membantu masyarakat yang terkena musibah. "Walaupun dana yang kami (siswa) kumpulkan sedikit tapi kami senang bisa membantu," kata siswa kelas 8 ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement