Rabu 17 Feb 2021 06:05 WIB

Wapres: Sampaikan Sesuatu tanpa Harus Menyakiti Orang

Wapres mengatakan ada empat bingkai yang menjadi kunci kerukunan bangsa. 

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak semua pihak membangun kembali semangat kebangsaan dan persaudaraan antarsesama. Dengan begitu, Wapres meyakini, pergaulan antar masyarakat bisa terus terjaga.

"Pergaulan kita dalam masyarakat itu gimana kita sampaikan sesuatu tanpa harus menyakiti orang, tanpa harus membuat orang menjadi marah, dengan cara cara yang sopan, menjaga pergaulan yang sehat di antara semua warga bangsa," kata Ma'ruf yang dikutip dalam wawancara dengan stasiun TV swasta, Selasa (16/2) malam.

Wapres mengatakan, ada empat bingkai yang menjadi kunci kerukunan bangsa. Pertama, bingkai politis yang harus dijaga antara lain Pancasila sebagai dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal ika. Menurutnya, bingkai politis ini harus dijaga bukan hanya dalam tatanan kesepakatan politik, tapi juga tataran implementasi.

Kedua, lanjut Ma'ruf, bingkai yuridis yang meliputi berbagai aturan maupun perundangan.  "Kitat harus mematuhi aturan aturan yang sudah ada, yang dilarang seperti apa, yang dibolehkan seperti apa, tata aturan ini harus kita patuhi," ungkap Ma'ruf.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement