Selasa 16 Feb 2021 16:55 WIB

Pemkab Banyuwangi Serahkan Hibah Tanah

Hibah tanah tersebut digunakan untuk pengembangan kampus Akademi Penerbang Indonesia

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Abdullah Azwar Anas
Foto: dokpri
Abdullah Azwar Anas

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI --  Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyerahkan hibah tanah seluas 24.000 meter persegi kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan. Hibah tanah tersebut digunakan untuk pengembangan kampus Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemberian hibah tanah berhasil dilakukan setelah melewati proses yang panjang. Dia berharap hibah tanah ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pengembangan API di Banyuwangi.

Dengan penyerahan hibah tanah ini, Anas juga berharap API Banyuwangi bisa berkolaborasi bersama dengan pemkab. Dengan demikian, dapat berkontribusi pada pembangunan daerah ke depannya.

“Misalnya, bersama Gojek kami membuat program pengantaran obat bagi warga miskin. Begitu juga dengan platform pendidikan Ruangguru, kami membuka bimbingan belajar online gratis bagi siswa hingga ke pelosok desa,” ucap Anas.

Anas pun berharap agar pengembangan gedung baru API ke depan selain memenuhi fungsinya juga mengedepankan unsur estetika dengan mengusung arsitektur lokal. Sebab, selama ini bangunan-bangunan publik di Banyuwangi telah diwarnai dengan arsitektur khas lokal. Untuk itu, dia mendorong API Banyuwangi bisa membangun dengan menggunakan arsitektur rumah Osing.

"Lansekapnya juga dibikin ramah lingkungan sehingga klop dengan konsep green airport yang letaknya bersebelahan dengan kampus API,” ungkap dia dalam pesan resmi, Selasa (16/2).

Adapun lokasi tanah hibah yang diserahterimakan kepada API Banyuwangi berada di komplek Bandar Udara Banyuwangi, Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari. Nilai perolehan lahan 24.000 meter persegi ini sebesar Rp 1,58 miliar. Sejak berdiri pada 2013, API Banyuwangi telah menempati lokasi tanah hibah ini dengan mengantongi hak pakai tanah dari Pemkab Banyuwangi, sembari menunggu seluruh proses administrasi hibahnya rampung.

Sementara itu, Sekretaris BPSDMP M. Yugihartiman menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Banyuwangi kepada API Banyuwangi. Dia berharap hibah ini dapat menunjang proses pendidikan dan pelatihan API. Yugihartiman juga menyatakan siap berkolaborasi mendukung pembangunan daerah di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement