Kamis 04 Feb 2021 12:49 WIB

Pulau Terluar Indonesia di Anambas Dijual di Situs Online

Anggota DPRD sayangkan jika pulau-pulau di daerah terluar Indonesia ini dijual

Gugus Kepulauan Anambas tampak dari ketinggian.
Foto: Putra M Akbar
Gugus Kepulauan Anambas tampak dari ketinggian.

REPUBLIKA.CO.ID, ANAMBAS -- Anggota DPRD Provinsi Kepri Ilyas Sabli meminta Pemerintah Kabupaten Anambas menyikapi serius isu penjualan tiga pulau di daerah itu melalui website internasional www.privateislandsonline.com.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas itu mengharapkan pemkab segera mencari tahu kebenaran informasi tersebut agar tidak meresahkan masyarakat.

"Persoalan ini tidak boleh didiamkan. Harus dibicarakan ke dalam forum resmi bersama DPRD dan pemangku kebijakan terkait," kata Ilyas Sabli.

Politikus Nasdem ini juga menegaskan soal aturan yang melarang pulau-pulau tersebut tidak boleh dimiliki warga negara Indonesia apalagi warga negara asing. Kalaupun ada pengelolaan sumber daya di atas pulau itu, kata dia, maka ada prosedur yang harus dipatuhi.

"Tentu kita sangat menyayangkan jika pulau-pulau di daerah terluar Indonesia ini dijual, apalagi ke pihak asing," katanya menegaskan.

Berdasarkan pantauan, tiga pulau di Kabupaten Anambas yakni Pulau Ayam, Pulau Yudan, dan Pulau Kembung sampai hari ini, Rabu, masih dipasarkan di website www.privateislandsonline.com.

Situs yang beralamat di Canada itu memberikan gambaran tertulis tentang letak geografis dan potensi yang dimiliki ketiga pulau tersebut. Situs ini menjelaskan bahwa Pulau Ayam terletak di Pulau Anambas dan dekat dengan pulau favorit Malaysia, Pulau Tioman.

Letaknya juga dekat dengan Pulau Jemaja yang terkenal dengan kontur unik dan pemandangan yang indah. Pulau Ayam memiliki pantai yang menakjubkan dan menawarkan perairan sebening kristal di sekelilingnya dengan terumbu karang luas yang sama sekali belum tersentuh hingga saat ini.

Permata pulau pribadi ini adalah surga bagi mereka yang suka menyelam, snorkeling, dan memancing. Pulau pribadi seluas 295 hektare ini adalah pelarian yang ideal ke surga yang menawarkan peluang investasi besar untuk pengembangan resor, yang mudah diakses dengan satu jam perjalanan pompong dari Pantai Padang, tak jauh dari Kampong Letung.

Sementara itu, dijelaskan pula dua pulau yang belum tersentuh untuk dijual yaitu Pulau Kembung dan Pulau Yudan, masing-masing seluas 3 hektare dan 28 hektare. Kawasan ini dekat dengan kota-kota besar seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Jakarta.

Pulau-pulau tersebut terletak berdekatan satu sama lain dan idealnya keduanya akan dijual bersama tetapi juga tersedia untuk dijual secara terpisah. Masih menurut situs ini, Kabupaten Anambas memiliki potensi yang sangat besar dalam hal pariwisata. Snorkeling dan scuba-diving sangat bagus di daerah kepulauan yang masih asli. Pilihan rekreasi lainnya adalah olahraga memancing.

Daerah Anambas menawarkan keanekaragaman ikan piala yang luar biasa, dari tuna hingga kerapu dan kakap. Bahkan billfish secara rutin ditangkap di sini. Kawasan ini telah lama menjadi tempat favorit para penggemar memancing.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement