Kamis 04 Feb 2021 10:56 WIB

Gedung Disdik Duren Sawit Dipertimbangkan Jadi Lokasi Isoman

Dinkes sedang menganalisis untuk disiapkan ruang isolasi mandiri khusus wanita hamil.

Gugus Tugas RW 003 Kelurahan Pondok Labu merapikan tempat tidur yang akan digunakan untuk isolasi mandiri di Gedung Sasana Krida Karang Taruna, di Jalan Bango III , Pondok Labu, Jakarta, Senin (18/1).
Foto: Prayogi/Republika.
Gugus Tugas RW 003 Kelurahan Pondok Labu merapikan tempat tidur yang akan digunakan untuk isolasi mandiri di Gedung Sasana Krida Karang Taruna, di Jalan Bango III , Pondok Labu, Jakarta, Senin (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih mempertimbangkan gedung milik Dinas Pendidikan (Disdik) di Duren Sawit menjadi lokasi isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan gedung yang bernama Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (UPT P2KPTK2) di Duren Sawit, Jakarta Timur, itu bisa dimanfaatkan untuk pasien ibu hamil yang terpapar virus Covid-19, karena lokasinya berdekatan dengan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Dinkes sedang menganalisis untuk disiapkan ruang isolasi mandiri khusus wanita hamil yang rencananya di Gedung Disdik tersebut," kata Riza.

Menurut Riza, tidak menutup kemungkinan DKI bakal memanfaatkan gedung milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang kosong akibat pandemi Covid-19. Tujuan utamanya untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Jakarta maupun Bodetabek yang berobat di Jakarta.

"Prinsipnya penanganan Covid-19 ini kan ada beberapa tahapan, pertama di RS bagi yang gejala berat, kedua di Rumah Sakit Daerah Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet bagi yang sedang dan ringan," katanya.

Lalu untuk orang tanpa gejala (OTG) dipersiapkan di hotel-hotel. Kemudian sekarang sedang dipersiapkan khusus bagi wanita hamil juga kami persiapkan. "Nanti kami akan lihat seberapa besar dibutuhkan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengalihfungsikan

Gedung UPT P2KPTK2 menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19. Tinjauan ke gedung milik Dinas Pendidikan yang berada di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, ini telah dilakukan pada Jumat (29/1) lalu.

Meski demikian, dalam unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya (@aniesbaswedan), orang nomor satu di DKI itu belum mengambil keputusan terkait alih fungsi gedung tersebut.

"Mampir mengecek gedung UPT P2KPTK2 milik Disdik yang ada di sebelah RSKD Duren Sawit, untuk mengkaji potensi diubah jadi tempat isolasi terkendali," tulis Anies pada Ahad (31/1).

Pemprov DKI Jakarta telah menambah tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU dalam penanganan Covid-19 di 101 rumah sakit (RS) rujukan, namun berdasarkan data terakhir pada 31 Januari 2021 tingkat keterisiannya masih di sekitar 80 persen.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta pada Selasa ini, untuk tempat tidur isolasi saat ini sejumlah 8.081 dengan persentase keterisiannya sebesar 80 persen, dengan total pasien isolasi sebanyak 6.439 orang.

Sedangkan, untuk tempat tidur ICU saat ini sejumlah 1.116 unit yang memiliki persentase keterisian sebesar 79 persen, dengan total pasien ICU sebanyak 886 orang.

Atas dasar itu, Pemprov DKI berencana menambah lima rumah sakit swasta dan enam hotel untuk menangani pasien Covid-19. Untuk RS menangani pasien dengan keluhan ringan, sedang hingga berat, sedangkan hotel menampung pasien tanpa gejala.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement