Kamis 04 Feb 2021 03:05 WIB

Modus Berikan Bansos, Penipu Hampir Bawa Kabur Motor PPSU 

Dalam aksinya, MT menggunakan modus hendak memberikan bantuan sosial. 

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Pencurian motor.   (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Pencurian motor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang terduga penipu berinisial MT hampir membawa kabur sepeda motor milik seorang Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Jalan Cideng Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Dalam aksinya, MT menggunakan modus hendak memberikan bantuan sosial (Bansos). 

Kapolsek Metro Gambir, AKBP Kade Budiyarta, mengatakan, kejadian itu bermula ketika MT menawari bansos kepada petugas PPSU tersebut. Melihat targetnya tertarik, MT meminta agar diantarkan menggunakan sepeda motor ke suatu tempat. 

"Sampai di belakang kantor Paspampres (Jalan Cideng Barat), MT minta kendaraannya (petugas PPSU)," kata Budi ketika dikonfirmasi, Rabu (3/2). 

Namun, kata Budi, sebelum MT melaju dengan sepeda motor tersebut, petugas PPSU itu memanggil rekan-rekannya yang lain. Tujuannya agar rekan-rekannya sesama PPSU juga mendapat Bansos dari MT. 

Selanjutnya, para petugas PPSU itu merasa curiga dengan gerak gerik MT. Kecurigaan itu muncul persis ketika MT hendak melaju kabur dengan sepeda motor itu. 

Alhasil, petugas PPSU lainnya menghentikan paksa MT agar tidak mengendarai sepeda motor rekannya tersebut. "Intinya motor itu masih dalam kuasa (PPSU), belum sempat pindah tangan ke pelaku," kata Budi.  

Budi mengatakan, setelah kejadian itu, para petugas PPSU langsung menyerahkan MT ke Polsek Gambir. Penyelidikan pun kini masih terus berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement