Jumat 29 Jan 2021 14:51 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Jateng-Bali Melonjak Saat PPKM 

Jumlah kasus aktif yang tinggi perlu diwaspadai dan harus jadi perhatian bersama.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto:

DI Yogyakarta juga melaporkan fenomena serupa. Pada pekan kedua pelaksanaan PPKM, Yogyakarta melaporkan penambahan kasus aktif sebanyak 969 orang. Angka ini meningkat cukup banyak dibanding jumlah penambahan kasus aktif di pekan pertama pelaksanaan PPKM, yakni 565. Namun catatan lainnya, tren penambahan kasus aktif di Yogyakarta cukup fluktuatif sehingga tidak bisa memberi gambaran efek dari PPKM. 

Dari tujuh provinsi yang menjalankan PPKM, terlihat bahwa hanya DKI Jakarta yang mengalami penurunan di pekan kedua pelaksanaan PPKM. DKI Jakarta mencatatkan penambahan kasus aktif sebanyak 2.570 orang pada pekan kedua PPKM, menurun dari 3.758 pada pekan pertama PPKM. 

Pada pekan-pekan sebelumnya, ibu kota melaporkan kenaikan kasus aktif secara konsisten. Meski tidak bisa disimpulkan bahwa PPKM memberi efek positif bagi ibu kota, namun DKI Jakarta menunjukkan adanya penurunan cukup tajam di pekan kedua PPKM setelah selama sebulan 5 pekan mengalami kenaikan yang konsisten.

Jawa Barat dan Jawa Timur sebenarnya juga mengalami penurunan kasus aktif pada pekan kedua pelaksanaan PPKM. Hanya saja sulit menyimpulkan bahwa penurunan yang terjadi disebabkan PPKM, lantaran pada pekan-pekan sebelumnya baik Jateng dan Jabar mengalami fluktuasi tren penambahan kasus aktif. 

Kedua provinsi tersebut tidak menunjukkan konsistensi peningkatan atau penurunan penambahan kasus aktif dalam satu bulan terakhir. Jawa Barat mencatatkan 1.302 penambahan kasus aktif pada pekan kedua PPKM, jauh dibanding penambahan kasus aktif pada pekan pertama sebanyak 5.623 orang. Sementara Jatim melaporkan 165 penambahan kasus aktif mingguan pada pekan kedua PPKM, jauh di bawah laporan pekan pertama sebanyak 890 kasus aktif.

"Di sinilah saya akan jelaskan pentingnya perhatian diberikan kepada kasus aktif. Terlihat di sini bahwa secara umum jumlah kasus aktif mengalami fluktuasi. Bahkan masih meningkat jumlahnya pada minggu kedua pelaksanaan PPKM di 4 provinsi, yakni Banten, DIY, Jateng, dan Bali," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Jumat (29/1). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement