Rabu 27 Jan 2021 16:50 WIB

Ini Masukan LPSK pada Kapori Listyo Sigit Prabowo

Polri harus kembali mampu mengayomi dan melindungi masyarakat tanpa kecuali.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Maneger Nasution
Foto:

Selain itu, Maneger berpesan, supaya Polri disterilkan dari tarikan dan kepentingan politik. Listyo diminta menunjukkan bahwa Polri bisa profesional dan independen. Yang terpenting, lanjut Manejer, ialah Polri kembali mampu mengayomi dan melindungi masyarakat tanpa kecuali.

Menurutnya, perlu solusi konkret terhadap permasalahan mendasar di tubuh Polri. Seperti represifitas aparat, penyiksaan, extrajudicial killing, penempatan anggota Polri pada jabatan di luar organisasi Polri, kontrol pertanggungjawaban etik, korupsi di tubuh Polri, penghalangan bantuan hukum, dan krisis keteladanan dalam pola hidup sederhana di kalangan petinggi kepolisian.

"Jika masalah-masalah ini tidak dievaluasi dan dicarikan solusinya, maka sulit untuk menghadirkan keyakinan publik bahwa kita memiliki kepolisian yang profesional, modern, demokratis, terpercaya, dan dicintai di bawah kepemimpinan Listyo," tutur Maneger.

Presiden Joko Widodo baru saja melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pada Rabu (27/1). Pelantikan tersebut diadakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 09.30 WIB.

 

Pangkat Listyo Sigit juga naik setingkat, dari komisaris jenderal menjadi jenderal. Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement