Ahad 24 Jan 2021 11:29 WIB

Kisah Pasien Isoman Redakan Gejala Covid dengan Bawang Putih

Saat menelan bawang putih itu, Jerry merasakan tenggorokannya panas sekali

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Jerry Wongianto, penyintas penyintas Covid-19 yang mencoba khasiat bawang putih untuk meredakan gejala Covid-19
Foto:

Saat menelan bawang putih itu, Jerry merasakan tenggorokannya panas sekali. Ia mengibaratkan tenggorokannya seperti terbakar kurang lebih lima menit setelah menelan bawang putih. Dia pun kemudian merasakan hawa-hawa panas tersebut mengalir turun ke perut hingga ke bawa. "Entah bagaimana cegukan hilang, lalu sakit tenggorokan yang saya rasakan itu juga berangsur hilang," ujarnya.

Jery, kini mengaku tidak lagi merasakan gejala di hari ke-11 isolasi mandiri tersebut, termasuk penyakit asam lambung. "Alhamdulilah hilang, mungkin petunjuk dari Allah melalui sumbang pemikiran teman-teman, dan memang ini dahsyat, mudah-mudahan virusnya benar benar mati. Saya enggak tau seperti apa mungkin memang itu pengobatannya, tapi saya ingin berbagi dengan teman-teman," ujarnya.

Namun demikian, Jery mengatakan untuk memastikan sembuh dari virus Covid-19 harus tetap dibuktikan melalui swab tes PCR. Rencananya, ia akan melakukan tes pada Selasa pekan depan. "Mudah-mudahan sudah negatif, kalau sembuh insya Allah saya akan mendonorkan plasma darah untuk teman-teman yang membutuhkan,"  kata Jery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement