Sabtu 23 Jan 2021 00:30 WIB

Saung Angklung Udjo: Pernah Tamu Cuma 3, Pemain 30

Saung Angklung Udjo terancam bangkrut.

Sejumlah personil band mengenakan pelindung wajah saat tampil pada pertunjukan Bamboo Afternoon Show di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Sabtu (27/6/2020). Sejak pandemi, kunjungan wisatawan ke Saung Angklung Udjo turun drastis.
Foto:

Selain itu, menurut Taufik, mayoritas pengunjung Saung Angklung Udjo merupakan pelajar dan wisatawan. Namun, kedua elemen wisatawan itu selama pandemi memang dibatasi aktivitasnya.

"Pengunjung kami 90 persen pelajar yang rombongan bus dan bule. Ini mancanegara dan anak sekolah kan berhenti nih," katanya.

Akibatnya, kini manajemen Saung Angklung Udjo mencatat sudah melakukan pemutusan hubungan kerja kepada 90 persen lebih pegawainya. Dari sebanyak 600 pegawai yang bekerja pada masa normal, kini tersisa 40 orang yang masih bekerja.

"Pengurangan pegawai bukan akan, tapi sudah sebagian bulan-bulan kemarin. Dari 600 sekarang cuma 40," kata Taufik.

photo
Pemain Angklung menghibur wisatawan saat pertunjukan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020). Alat musik sekaligus karya seni tradisional asal Jabar, angklung, pada tahun 2020 telah satu dekade diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia kategori Tak Benda sejak dikukuhkan pada November 2010 lalu. - (ANTARA/Novrian Arbi)

Maka dari itu, Taufik berharap pemerintah dapat membantu memberi solusi terkait ancaman bangkrutnya Saung Angklung Udjo itu. Ia pun meminta masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Mari kita sadar menjaga protokol kesehatan agar pemerintah tidak sulit mengendalikan. Kalau sudah mengerti kan kita bisa berjalan dan sesuai standar yang bisa disepakati bersama," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement