Rabu 20 Jan 2021 05:16 WIB

Wiku: 154 Bencana Terjadi Selama Januari

Bencana alam, sudah merenggut 140 korban jiwa dan 776 orang luka-luka.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 154 bencana alam terjadi sejak 1 hingga 18 Januari. Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, mayoritas bencana alam yang terjadi di masa pandemi Covid-19 yakni berupa banjir, angin ribut, dan juga longsor.

“Dari sekian banyak bencana alam, sudah merenggut 140 korban jiwa dan 776 orang luka-luka,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.

Bencana alam disebabkan karena cuaca ekstrim dan tingginya curah hujan akhir-akhir ini sehingga menyebabkan banjir di beberapa tempat, seperti Malang dan Puncak Bogor. Wiku pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya mengingat secara geografis dan geologis, Indonesia merupakan daerah rawan bencana alam.

photo
Relawan BMH dan SAR Hidayatullah mengantarkan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir di Kalsel dengan menggunakan rakit. - (Dok BMH)

“Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Kemendagri, pemerintah daerah juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana,” ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement