Rabu 20 Jan 2021 03:11 WIB

Bulog Banyumas Targetkan 33.300 Ton Setara Beras pada 2021

Pada musim tanam pertama tahun 2020/2021 sejumlah lahan sawah terendam banjir.

Petani menjemur gabah. ilustrasi
Foto:

Padahal, kata dia, kondisi cuaca pada tahun 2020 juga kurang menguntungkan bagi petani karena sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi namun ternyata hasil panen tetap tinggi sehingga target pengadaan pangan dapat terlampaui.

Oleh karena itu, kata dia, Bulog Banyumas membuka empat gudang filial guna menampung gabah yang baru dibeli dari petani, yakni di Cilacap sebanyak tiga unit dan di Banjarnegara sebanyak satu unit.

"Gudang filial adalah gudang milik mitra kerja Bulog yang kami sewa untuk menyimpan pasokan gabah dari petani," katanya.

Disinggung mengenai ketersediaan stok gabah atau beras yang tersedia di seluruh gudang Bulog Banyumas, Dani mengatakan hingga saat ini masih tersedia sekitar 20.000 ton setara beras yang diperkirakan masih bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 5-6 bulan ke depan.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang karena stok gabah atau beras di gudang Bulog Banyumas dalam posisi aman meskipun saat sekarang belum ada petani yang panen padi. "Stok kami aman sekali. Nanti kalau sudah memasuki musim panen, juga akan terisi lagi," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement