Selasa 19 Jan 2021 00:24 WIB

Pandemi Memburuk, Satgas: Siapa yang tak Jenuh?

Fasilitas medis saat ini kewalahan dalam menangani pasien Covid-19.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro menyatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan diprioritaskan bagi 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas pelayan publik.
Foto:

Menurut Reisa, pemerintah perlu dibantu masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan secara drastis untuk memutus rantai penularan. Cara terampuh, ujarnya, tetap dengan menjalankan protokol kesehatan 3M secara ketat. Protokol kesehatan yang dimaksud adalah mengenakan masker saat berinteraksi dengan orang lain, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. 

"Sekarang bukan saatnya berkerumun. Tidak sepadan dengan nyawa kita, hanya untuk berkerumun. Apalagi hanya dengan alasan kebosanan," kata Reisa. 

Dia menekankan, bahwa protokol kesehatan ini tetap perlu dijalankan kendati masyarakat sudah divaksin. Sampai kapan? Reisa menyebutkan bahwa masyarakat tetap perlu menjalankan protokol kesehatan sampai pandemi benar-benar usai atau saat herd immunity terbentuk. 

Diberitakan sebelumnya, jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pecah rekor hari ini. Tercatat ada 9.475 pasien Covid-19 yang sembuh pada Senin (18/1) ini, sehingga angka kumulatif pasien sembuh menjadi 745.935 orang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement