Senin 18 Jan 2021 09:48 WIB

BNPB Serahkan Bantuan Rp 3,5 Miliar untuk Banjir Kalsel

Bantuan dana siap pakai BNPB diberikan untuk lima kabupaten terparah

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Tim penyelamat membantu seorang pria lanjut usia untuk naik ke perahu mereka di sebuah desa yang banjir di Banjar, Kalimantan Selatan di Pulau Kalimantan, Indonesia, pada foto Sabtu 16 Januari 2021 ini. Ribuan orang telah dievakuasi dan sejumlah lainnya tewas dalam beberapa hari terakhir akibat banjir di pulau Kalimantan, Indonesia, kata para pejabat Minggu.
Foto:

“Kami sesuai arahan dari bapak Presiden akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah, baik itu rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan,” ujarnya.

Lebih lanjut Doni meminta agar pemangku kebijakan di daerah segera melakukan pendataan secara akurat guna percepatan proses penyaluran dana stimulan, sehingga masyarakat yang terdampak dapat segera bangkit.

"Nanti mohon pemerintah provinsi bersama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan pendataan tentang rumah-rumah yang mengalami kerusakan,” katanya.

Kemudian, Doni Monardo meminta agar segera dibentuk satuan tugas (satgas) yang kemudian dipimpin oleh gubernur guna mempersiapkan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Hal tersebut perlu segera dilakukan bersama seluruh komponen pusat yang ada di daerah dan unsur terkait yang melibatkan TNI/Polri, BPBD dan dinas-dinas di daerah.

 

“Sehingga pada saat proses pendataan bisa akurat by name by address dan setelah itu kita mungkin sudah bisa memulai untuk program rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement