Senin 18 Jan 2021 07:25 WIB

Kemhan Rekrut Komando Cadangan Setelah PP Terbit

Kemhan sebut Komando Cadangan berbeda dengan wamil

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Staf Khusus bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Jika peraturan pelaksanaannya, yakni peraturan pemerintah (PP) sudah terbit, maka proses rekrutmen komando cadangan akan lekas dimulai.
Foto:

Setiap negara memiliki ciri khas bela negara melalui wajib militer (wamil)-nya masing-masing. Untuk Indonesia, yang akan diberlakukan bukanlah sistem wamil, melainkan pembentukan komcad yang proses rekrutmennya berbasis kesukarelaan.

"Di paparan saya kemarin lihat kan, wamil di Korea, wamil di Singapura, wamil di Vietnam kan beda-beda semua. Kalau ditanya perbedaanya apa, ya beda. Itu (ciri khas utama Indonesia) kita sukarela," kata Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan, Bondan Tiara Sofyan, Jumat (21/2).

Komcad, kata Bondan, bukanlah wamil karena masyarakat tidak diwajibkan untuk mengikutinya. Masuk-tidaknya seseorang ke dalam Komcad bersifat kesukarealaan orang tersebut.

Masyarakat dengan kriteria tertentu dalam rentang usia 18-35 tahun dapat mendaftarkan diri secara sukarela untuk menjadi bagian dari Komcad. Barulah setelah itu mereka dibekali kemampuan dasar militer.

"Dia bukan wamil, pendaftaran Komcad dibuka secara sukarela untuk usia 18-35 tahun," jelas Bondan.

Bondan menjelaskan, setelah menjadi bagian dari Komcad, mereka akan mendapatkan keterampilan dasar militer. Hak-hak mereka selama mengikuti pelatihan itu, di antaranya uang saku, perlengkapan perorangan, jaminan kesehatan, dan asuransi.

"Uang saku tapi kan terbatas sesuai dengan pelatihan dasar militer secara semuanya sama. Karena latihan itu sama untuk semua tingkat," kata dia.

Bondan menjelaskan, pelatihan dasar militer untuk peserta calon Komcad rencananya akan dilakukan di batalyon-batalyon yang ada di seluruh Indonesia. Pendaftaran untuk mengikuti komcad hanya akan dibuka satu kali dalam setahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement