Ahad 10 Jan 2021 19:57 WIB

BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Datangkan Bencana Alam

Cuaca ekstrem juga dapat membahayakan perjalanan udara dan pelayaran.

Warga melintasi banjir yang merendam salah satu kawasan permukiman di daerah Nongsa , Batam, Kepulauan Riau, Minggu (10/01/2021). Intensitas hujan yang cukup lebat mengakibatkan sejumlah pemukiman di Kota Batam tergenang banjir.
Foto:

"Informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan ini sebagai upaya mitigasi agar menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi masyarakat," kata Guswanto.

Ia juga meminta masyarakat dan pengelola pelayaran terus memonitor informasi dariBMKG dan mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi dari 10 sampai 13 Januari 2021.

Gelombang setinggi 2,5 sampai empat meter berpeluang terjadi di perairan utara Pulau Sabang, perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Jawa, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara Barat, perairan timur Kepulauan Bintan-Kepulauan Lingga, perairan Kepulauan Talaud, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, serta Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

 

Perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Laut Natuna, dan perairan utara Singkawang berpeluang kedatangan gelombang dengan tinggi empat sampai enam meter dan gelombang dengan tinggi lebih dari enam meter berpeluang menghampiri Laut Natuna Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement