Jumat 08 Jan 2021 21:37 WIB

LK2PK: Publik Harus Dukung PPKM Jawa-Bali Demi Tekan Covid

Masyarakat diharap dukung PPKM Jawa-Bali demi tekan covid.

Ilustrasi Covid-19
Foto:

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Golkar Darul Siska pun mengatakan masyarakat paling menentukan keberhasilan menekan kasus Covid-19. Dia yakin kalau masyarakat sadar dan mendukung penuh kebijakan PPKM Jawa-Bali, penyebaran Covid-19 bisa ditekan hingga 90%. 

Selain memberlakukan PSBB Jawa-Bali, menurut dia, pemerintah juga perlu segera melakukan vaksinasi sebanyak-banyaknya. Sedangkan anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Muchamad Nabil Haroen mengatakan, kebijakan PPKM Jawa-Bali harus diikuti kesadaran keselamatan dan penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Pembatasan interaksi tentu akan mengurangi risiko pesebaran virus. 

"Dengan penanganan yang tepat dan efisien di Jawa Bali, pencegahan penyebaran Covid-19 akan lebih signifikan. Ini tentu saja tidak mengesampingkan pendekatan integral ke kawasan lainnya di luar Jawa-Bali," ujarnya.

Dia juga mendorong pemerintah pusat agar mengapresiasi daerah yang sukses menerapkan PSBB dan PPKM, sebaliknya, daerah yang masyarakatnya tidak menerapkan kebijakan ini, harus ada konsekuensi. Karena kebijakan pemerintah pusat tanpa dukungan pemerintah daerah dan masyarakat, takkan ada artinya.

 

"Sejurus dengan distribusi vaksin, kita memang harus terus menjaga protokol kesehatan, saling jaga, saling mengingatkan, bahwa untuk melawan pandemi, harus bersama-sama disiplin," kata Nabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement