Jumat 08 Jan 2021 00:07 WIB

JPO Berkarat di Matraman Jaktim Mulai Diperbaiki

Ada enam JPO di Jalan Matraman yang terlihat berkarat dan bolong-bolong.

Rep: Febryan. A/ Red: Andri Saubani
Pekerja melakukan pengecatan ulang tiang Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jakarta. (ilustrasi)
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
Pekerja melakukan pengecatan ulang tiang Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Enam jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Matraman, Jakarta Timur, terpantau berkarat dan bolong-bolong, pada Kamis (7/1). Otoritas terkait kini telah mulai memperbaiki salah satu JPO dan menargetkan perbaikan lima JPO lainnya mulai dikerjakan Januari ini.

Keenam JPO itu lokasinya berada di wilayah Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman. Berdasarkan pantauan Republika, JPO berkarat pertama adalah JPO menuju Halte Transjakarta Slamet Riyadi. Selain berkarat, lantai JPO itu juga sudah aus. Cat warna putih di tiang pembatas JPO juga tampak sudah terkelupas.

Bergeser sedikit ke arah utara, tampak JPO dekat Wisma Kemenhan kondisinya tak jauh berbeda. Selain berkarat dan cat tiang terkelupas, lantai JPO ini juga tampak bolong di sejumlah titik.

Beranjak sedikit lagi ke arah utara, tampak JPO Berlan (begitu warga sekitar menamainya) yang berlokasi dekat Graha PDSI, kondisinya lebih parah. Selain lantai JPO berkarat dan bolong, tampak tiang pembatas JPO juga sudah keropos dan terputus di bagian sambungannya. Bahkan, jika pelintas berpegangan ke tiang pembatas, maka akan terasa tiang tersebut bergoyang.

Dado (35 tahun), pengemudi ojek yang setiap hari mangkal di bawah JPO Berlan, mengatakan, banyak orang yang terpeleset ketika melintas di JPO tersebut. Sebab, lantainya telah aus.

"Saya sering lihat orang jatuh di JPO ini. Lantai JPO itu kan sudah licin lalu ditambah lagi kena air hujan, akhirnya orang banyak yang jatuh," kata Dado kepada Republika, Kamis.

Bergerak lagi ke arah utara lagi, tampak JPO dekat gedung Gramedia Matraman kondisinya jauh lebih parah. Cat di tiang JPO itu banyak terkelupas. Lantai JPO berkarat dan aus. Parahnya, tampak sedikitnya tiga area lantai JPO yang bolong-bolong.

Selanjutnya, kondisi lantai JPO yang berkarat dan aus serta cat tiangnya terkelupas ditemukan di JPO dekat Hotel Balairung. Begitu pula JPO di Simpang Pramuka.

Kendati demikian, pada Kamis sore tampak petugas dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta sudah mulai memperbaiki JPO dekat gedung Gramedia Matraman. Sejumlah petugas berbaju kuning itu tampak menambal lantai JPO yang bolong dan mengecat ulang tiang JPO.

"Ini sudah dimulai sejak tadi pagi," kata salah seorang petugas yang sedang bekerja.

Kepala Seksi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Utilitas Kota pada Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Ahmad Sapii, mengatakan, perbaikan JPO dekat Gramedia itu akan diselesaikan dalam sepekan ke depan. "Selama pengerjaan, JPO tetap bisa dilintasi warga," kata Ahmad kepada wartawan di bawah JPO dekat Gramedia itu.

Ahmad menegaskan, kerusakan JPO adalah hal yang lumrah karena fasilitas itu selalu digunakan publik sepanjang hari. Termasuk lima JPO lainnya di Jalan Matraman. Ia lantas menyebut perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

"Kita akan perbaiki terus-menerus. Namanya juga pemeliharaan," kata dia.

Terpisah, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Palmeriam Faqieh Insani mengatakan, perbaikan JPO dekat Gramedia dilakukan setelah pihaknya mengecek kondisi JPO usai mendapat laporan dari masyarakat. Pihak kelurahan selanjutnya menyampaikan kepada Dinas Bina Marga untuk melakukan perbaikan.

Faqieh menambahkan, ke depan, pihaknya juga akan mengecek kondisi lima JPO lainnya di Jalan Matraman yang masuk area Kelurahan Palmeriam. "Insya Allah (dalam bulan Januari ini) akan kita perbaiki semua JPO itu," kata dia kepada Republika di bawah JPO dekat Gramedia, Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement