Rabu 06 Jan 2021 13:57 WIB

Tahun Ini Jabar Genjot Kargo, Selamatkan Bandara Kertajati

Hal ini sesuai dengan pencanangan Kertajati sebagai pusat logistik nasional.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Friska Yolandha
Potensi kargo yang tinggi dinilai bisa menghidupkan Bandara Kertajati, Majalengka. Ini sekaligus melepas ketergantungan dari masih belum normalnya penerbangan komersial.
Foto:

Menurutnya jika tidak ada pandemi, Bandara Kertajati dipastikan bakal hidup baik dari sisi penerbangan komersial maupun kargo. Ketika kondisi masih normal, dua layanan dari Bandara Husein Sastranegara ini bahkan beralih ke sana. Hery menilai penting Bandara Kertajati dihidupkan lewat aktivitas kargo juga umroh dan haji oleh pemeritah pusat. Karena, Jawa Barat dalam urusan Bandara Kertajati beberapa kali “dikecewakan” oleh kebijakan pusat. 

“Kita tidak masuk dalam 7 bandara internasional oleh Kemenhub, lalu soal tempat pemeriksaan keimigrasian oleh Kementerian Agama yang berdampak pada pemberangkatan umroh dan haji, kalau Kertajati jadi pusat kargo dan umroh, ini jadi semacam kompensasi 'kekecewaan',” paparnya.

 

Karena itu pada 2021 ini, Hery memastikan Dishub maupun tim Pemulihan Ekonomi Daerah akan berupaya keras agar peluang tersebut terealisasi terutama lewat dukungan kebijakan pemerintah pusat. “Bentuknya kan bisa peraturan Menteri Perhubungan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement