Selasa 05 Jan 2021 18:12 WIB

Kota Cirebon Dapat 5.000 Vaksin Covid-19

Sudah 3.091 nakes Kota Cirebon yang terdaftar mendapatkan vaksin Covid-19.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sekitar 5000 dosis vaksin Covid-19 akan dikirim ke Kota Cirebon. Ilustrasi
Foto: Antara/Rony Muharrman
Sekitar 5000 dosis vaksin Covid-19 akan dikirim ke Kota Cirebon. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan pendistribusian vaksin akan dilakukan ke berbagai daerah di Jawa Barat mulai besok. Rencananya sekitar 5.000 dosis dikirim ke Kota Cirebon.  

"Kota Cirebon kebagian sekitar 5.000 vaksin,’’ kata Edy, Selasa (5/1). Menurutnya jumlah vaksin tersebut sebenarnya masih jauh dari pengajuan sebelumnya yakni hingga 60 ribu vaksin.

Karena itu, vaksinasi saat ini hanya diprioritaskan bagi nakes yang bekerja pada fasilitas kesehatan di Kota Cirebon. Edy menyebutkan, ada 3.091 nakes yang sudah terdaftar untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Mereka terdaftar pada aplikasi SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan). "Banyak yang belum entry," tutur Edy.

Untuk nakes yang belum melakukan pendaftaran pada apikasi tersebut, diminta segera melakukannya. Pasalnya, jika belum melakukan pendaftaran, maka belum bisa menerima vaksin.

Kegiatan vaksinasi akan dimulai pada 15 Januari 2021. Kegiatan tersebut akan dilakukan di seluruh puskesmas dan rumah sakit pemerintah di Kota Cirebon.

Untuk persiapan vaksinasi, rencananya digelar simulasi vaksinasi Covid-19 di Dinkes Kota Cirebon pada Rabu (6/1). Simulasi dilakukan mulai dari pertama masuk ke ruangan hingga mendapatkan kartu vaksinasi. Mereka yang mendapatkan vaksin Covid-19 nantinya akan melewati lima meja.

Simulasi vaksinasi itu akan dihadiri oleh 40 orang, terdiri dari 22 vaksinator dari puskesmas dan sisanya dari rumah sakit swasta dan pemerintah yang ada di Kota Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement