Ahad 03 Jan 2021 20:48 WIB

Kolong Jembatan Jadi Taman Usai Dikunjungi Mensos Risma

Taman di kolong jembatan ditarget rampung Februari 2021

Rep: Febryan. A/ Red: Nur Aini
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.
Foto: Dok Kemensos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menargetkan pembangunan taman di kolong jembatan di Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, bakal rampung pada Februari mendatang. Kolong jembatan lokasinya persis di belakang kantor Kementerian Sosial (Kemensos) itu disulap menjadi taman usai Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapati sejumlah tunawisma tinggal di sana. 

"Target penyelesaian taman ini sekitar bulan Februari. Mudah-mudahan bisa diresmikan jadi teman rekreasi dan interaksi," kata Plh Wali Kota Jakpus Irwandi saat meninjau proses pembersihan kolong jembatan tersebut, Ahad (3/1).

Baca Juga

Pengerjaannya, kata Irwandi, sudah dimulai hari ini. Tahap pertama, petugas kebersihan dan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) bakal membersihkan dulu area kolong jembatan itu. Termasuk mengosongkan area itu dari para tunawisma yang biasanya tinggal di sana.

Kolong jembatan itu nantinya bakal dibuat serupa Terowongan Kendal yang berlokasi dekat Stasiun Sudirman. Selain menjadi taman, kolong itu juga dijadikan tempat penyeberangan orang. "Akan dibuat juga mural. Bisa buat anak-anak bermain juga. Menjadi tempat rekreasi dan interaksi," kata dia.

Irwandi menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah berulang kali mengosongkan kolong jembatan tersebut. Namun, para pemulung selalu saja kembali menetap di sana.

"Di lokasi yang dikunjungi Bu Risma ini bukan tidak pernah kita kerjakan. Sudah pernah kita kosongkan, tapi kembali lagi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement