Senin 28 Dec 2020 20:42 WIB

Satgas Covid-19 Pekalongan Terapkan Antigen Gratis

Operasi ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Pengunjung menjalani rapid test antigen, (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung menjalani rapid test antigen, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Tim Satuan Tugas Covid-19 Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melalui operasi protokol kesehatan melakukan penyekatan dan penerapan tes cepat antigen gratis bagi para pengguna jalan yang memasuki jalur pintu keluar Tol Setono, Pekalongan, Senin (28/12).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa pada operasi tersebut melibatkan petugas Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol Pamong Praja, dan TNI/Polri. "Operasi ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis yang dipusatkan di Pos Pengamanan (Pospam) Natal dan Tahun Baru exit Tol Setono Kota Pekalongan," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan para pengguna jalan maupun pemudik yang keluar dari exit Tol Batang menuju Kota Pekalongan akan menjalani tes cepat antigen yang hasilnya dapat diketahui dalam tempo singkat atau hanya sekitar 15 menit.

Bagi pengguna jalan yang diperiksa dengan hasilnya nonreaktif, kata dia, maka dipersilakan melanjutkan perjalanannya maupun aktivitas lainnya. "Akan tetapi, bagi mereka yang hasilnya reaktif maka akan ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan setempat untuk menjalani isolasi mandiri," katanya.

Slamet Prohantono yang akrab disapa Totok itu, mengatakan penyekatan sekaligus tes rapid antigen ini sementara dilaksanakan sehari penuh. "Akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan diadakan kegiatan serupa secara periodik terutama menjelang arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang diprediksi puncak kepadatannya pada Jumat (1/1)," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement