Rabu 23 Dec 2020 07:48 WIB

Penumpang Pesawat Disarankan Gunakan Prapesan Tes Covid-19

Hal tersebut perlu diakukan karena saat jam sibuk terjadi antrean cukup mengular.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas meneteskan sampel lendir saat rapid test antigen di klinik pelayanan rapid test di bandara (ilustrasi)
Foto: BAYU PRATAMA S/ANTARA
Petugas meneteskan sampel lendir saat rapid test antigen di klinik pelayanan rapid test di bandara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyarankan penumpang pesawat dapat menggunakan layanan prapesan atau pre order untuk melakukan PCR test dan rapid test anutigen di Bandara Soekarno-Hatta. VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengatakan hal tersebut diperlukan karena saat jam sibuk terjadi antrean cukup mengular dan personel keamanan selalu mengingatkan agar calon penumpang pesawat memperhatikan jaga jarak dan selalu memakai masker. 

"Penumpan pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta sebaiknya melakukan prapesan terlebih dahulu agar jadwal tes lebih terencana dan tiba empat jam di bandara sebelum jadwal keberangkatan," kata Yado dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (23/12). 

Baca Juga

Di sisi lain, kata Yado, AP II  juga mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan di luar bandara. Hal tersebut menurutnya dapat memperlancar proses keberangkatan. "Bagi yang sudah membawa surat hasil tes maka bisa datang dua jam sebelum keberangkatan," tutur Yado. 

Dia memastikan, perbaikan layanan Airport Health Center akan terus dilakukan untuk mendukung terpenuhinya protokol kesehatan. Pada periode angkutan Natal dan Tahun 2020/2021, Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan tes Covid-19 di Airport Health Center yang terletak di tujuh titik lokasi. 

 

AP II mencatat pada Selasa (22/12), tercatat jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 hingga sekitar pukul 19.00 WIB lebih dari 3.800 orang.  Yado mengatakan, dari jumlah tersebut, yang melakukan tes dengan datang langsung ke Airport Health Center sekitar 2.800 orang, lalu yang memesan jadwal terlebih dahulu sekitar 490 orang, dan sisanya yang melakukan tes di kendaraan. 

“Berdasarkan evaluasi kami, untuk tes dengan walk in service waktu sibuk ada di sekitar pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul 09.00 WIB lalu agak menurun pada 10.00 WIB - 12.00 WIB, dan selanjutnya tergolong landai.  Sementara untuk layanan prapesan tergolong landai sepanjang hari, begitu juga dengan drive thru service," ungkap Yado. 

Saat ini, di Bandara Soekarno-Hatta memiliki tujuh lokasi tes Covid-19. Semua lokasi tersebut berada di Airport Health Center di Terminal 2 (Stasiun Skytrain untuk layanan langsung datang), Terminal 2D (layanan prapesan), Terminal 3 (SMILLE Center), dan area lounge umroh Terminal 3. Selain itu, lokasi tes juga berada di drive thru lapangan parkir Terminal 3, Terminal 2, dan Terminal 1. Rahayu Subekti

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement