Senin 21 Dec 2020 18:12 WIB

Tiga Desa di Gorontalo Utara Terendam Banjir

Lebih dari 4 jam hujan deras turundi tiga desa sehingga debit air sungai meluap.

Pengendara motor menerobos banjir akibat sungai yang meluap (ilustrasi).
Foto: Antara/Arnas Padda
Pengendara motor menerobos banjir akibat sungai yang meluap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Tiga desa di Kecamatan Biau, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terendam banjir akibat curah hujan tinggi melanda wilayah tersebut. Rahmat Rahman, anggota DPRD Gorontalo Utara mengatakan, curah hujan cukup tinggi di wilayah ini menyebabkan air sungai Didingga meluap merendam permukiman warga di tiga desa. "Desa yang terenda yaitu Desa Didingga, Bualo dan Omuto di Kecamatan Biau," katanya, di Gorontalo, Senin (21/12).

Ia mengatakan, lebih dari empat jam hujan deras melanda wilayah tersebut sehingga debit air sungai meluap. Luapan air sungai pun sudah menggenangi ruas jalan utama di desa-desa hingga masuk merendam permukiman warga sejak satu jam lalu. Ketinggian air mencapai 30 centimeter hingga lebih dari lutut orang dewasa.

Baca Juga

"Kami sudah menginformasikan kondisi ini bahkan langsung menghubungi organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, agar segera menurunkan personel dan bantuan mengingat dikhawatirkan luapan air sungai terus terjadi," katanya.

Jika curah hujan tetap tinggi, masyarakat tidak boleh berdiam di dalam rumah harus segera mengungsi ke tempat aman. Bantuan yang sangat diharapkan berupa perahu karet untuk mobilisasi warga ke tempat aman, dan makanan siap saji mengingat hari mulai senja. "Masyarakat memerlukan bantuan makanan siap saji dan air bersih juga selimut," katanya.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement