Sabtu 19 Dec 2020 07:54 WIB

Universitas BSI Sediakan 3 Fakultas dan 20 Prodi

Banyaknya Fakultas dan Prodi yang dimiliki, UBSI sangat cocok untuk milenial.

Salah satu kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).
Foto: Dok UBSI
Salah satu kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) saat ini masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk kegiatan perkuliahan yang dimulai pada Maret 2021. Jadi, semester pertama tahun kuliah 2021 itu dilaksanakan pada semester genap program kuliah reguler.

Terobosan itu dilakukan, agar para calon mahasiswa tidak perlu menunggu lama kegiatan perkuliahan semester pertama yang biasanya dimulai pada bulan September.

UBSI saat ini mempunyai tiga fakultas dan 20 program studi (Prodi). “Fakultas dan Prodi tersebut kami siapkan sedemikian rupa, sehingga cocok untuk kaum milenial,” kata Achmad Baroqah Pohan,  kepala Bagian Marketing & Communication kampus UBSI,   Jumat (18/12).

Ketiga fakultas itu adalah Fakultas Teknik & Informatika (FTI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Komunikasi & Bahasa (FKB).

Terkait Fakultas Teknik & Informatika, Achmad Baroqah mengemukakan, perkembangan sektor industri dan teknologi informasi (ICT) di Indonesia sangatlah pesat. Penyajian suatu informasi yang informatif sangatlah diperlukan.  Untuk mendukung hal tersebut diperlukan tenaga-tenaga terampil, ahli serta profesional. 

“Fakultas Teknik & Informatika membekali mahasiswanya dengan kompetensi ketenagalistrikan dan otomasi industri, kemampuan ilmu komputer spesialisasi di bidang dasar-dasar ilmu komputer agar dapat menghasilkan aplikasi-aplikasi perangkat lunak komputer, yang dapat mengikuti perkembangan industri dan teknologi informasi baru. Menyiapkan mahasiswa agar menjadi lulusan yang handal di bidang Industri dan IT sehingga dapat diterapkan pada saat bekerja di perusahaan swasta maupun pemerintah,” papar Baroqah dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menyebutkan, Fakultas Teknik & Informatika UBSI mempunyai delapan Prodi. Baik program S1 maupun D3. Yaitu, Prodi Sistem Informasi Akuntansi (D3), Teknologi Komputer (D3), Teknologi  Informasi (S1), Rekayasa Perangkat Lunak (S1), Ilmu Komputer (S1), Sistem Inormasi (D3 & S1), Teknik Industri (S1), dan Teknik Elektro (S1).

maha

photo
Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).  (Foto: Dok UBSI)

Sementara itu, terkait Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBSI,  Baroqah mengemukakan, era globalisasi yang terjadi saat ini, telah mengubah tatanan kehidupan perekonomian hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut menyebabkan perkembangan ilmu ekonomi dan bisnis semakin dibutuhkan. Di sisi lain diperlukan pengetahuan, gagasan, metode dan teknik yang lebih praktis untuk memecahkan masalah-masalah perekonomian.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika berupaya membekali mahasiswanya dengan kemampuan analisa, konsep ekonomi, manajemen dan akuntansi berbasis ICT (Informations and Communications Technology) untuk siap menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, Fakultas Ekonomi & Bisnis UBSI membuka enam Prodi. Baik program S1 maupun D3. Keenam Prodi itu adalah Prodi Manajemen (S1), Akuntansi (S1 & D3), Administrasi Perkantoran (D3), Administrasi Bisnis (D3), Manajemen Pajak (D3), dan Perhotelan (D3).

Berbicara mengenai Fakultas Komunikasi & Bahasa (FKB), Baroqah mengatakan, perkembangan ICT (Informations and Communications Technology) telah mengubah cara manusia berkomunikasi. Arus informasi terus bergulir dengan cepat, dari kondisi statis menuju ke arah dinamis. 

“Oleh karena itu, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika sejak awal berkomitmen terhadap kualitas lulusannya dengan memiliki kompetensi dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris yang baik secara lisan maupun tulisan, kompetensi dalam berfikir kreatif dan kritis,” kata Baroqah.

Ia menambahkan, dalam sistem pembelajaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI menerapkan dan mengembangkan metode student centered learning dan problem solving learning yang mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk saling berinteraksi, berbagi, dan berkolaborasi dalam pemecahan masalah yang menurut pemahaman dan pengaplikasian teori. “Dalam metode ini, mahasiswa diarahkan kemampuannya secara langsung dan intensif,” tuturnya.

Saat ini Fakultas Komunikasi & Bahasa UBSI membuka enam Prodi. Baik S1 maupun D3.

Keenam Prodi itu adalah Prodi Ilmu Komunikasi (S1) dengan konsentrasi Public Relation atau TV & Film. Selain itu ada prodi Hubungan Masyarakat/ Public Relations (D3), Penyiaran/ Broadcasting (D3), Periklanan/Advertising (D3), Sastra Inggris (S1), dan Bahasa Inggris (D3).

“Dengan banyaknya Fakultas dan Prodi yang dimiliki, Universitas BSI sangat cocok menjadi kampus pilihan para milenial,” kata Baroqah.

Apalagi, kata dia, biaya kuliah di UBSI relatif terjangkau bagi semua kalangan, atau bisa dicicil melalui aplikasi Pintek .

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement