Jumat 18 Dec 2020 20:06 WIB

Sejumlah Pemimpin Isolasi Usai Macron Positif Covid-19

PM Prancis, PM Spanyol, presiden Dewan Eropa kini menjalani karantina

Red: Nur Aini
Presiden Prancis Emmanuel Macron
Presiden Prancis Emmanuel Macron

 

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Beberapa kepala negara yang bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam 10 hari terakhir menjalani isolasi.

Baca Juga

Perdana Menteri Jean Castex dan ketua Majelis Nasional Richard Ferrand kini dikarantina setelah melakukan kontak dekat dengan presiden pada Rabu (16/12).

Sebelumnya, pada Senin (14/12), Macron menghadiri perayaan ulang tahun ke-60 Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) di Paris dengan sejumlah pemimpin, termasuk Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dan Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria.

"@eucopresident diberitahu oleh otoritas Prancis bahwa dia tidak dianggap sebagai kontak dekat. Dia juga menjalani tes secara berkala dan dinyatakan negatif pada Selasa. Namun sebagai tindakan pencegahan, presiden akan mengisolasi diri," jelas Barend Leyts, juru bicara presiden Dewan Eropa lewat Twitter.

PM Sanchez juga dikarantina karena baru-baru ini sempat melakukan kontak dengan Macron. Media Spanyol melaporkan bahwa setelah Macron dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (17/12), Sanchez langsung memberi tahu raja bahwa dia tidak akan menghadiri acara resmi apa pun dan akan mengkarantina dirinya sendiri selama seminggu.

Pada 10-11 Desember, Macron juga menghadiri KTT Uni Eropa dengan para pemimpin dari negara-negara anggota.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/sejumlah-pimpinan-negara-jalani-isolasi-setelah-macron-positif-covid-19/2081210
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement