Kamis 17 Dec 2020 17:32 WIB

Pemkab Banyumas Salurkan Dana Pinjaman Bergulir Bagi UMKM

Waktu pengembalian dana bergulir dibatasi 1 tahun dengan bunga 2 persen.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Banyumas kembali menyalurkan dana pinjaman bergulir bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Penyerahan dana pinjaman bergulir tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono kepada perwakilan kelompok pelaku UMKM di Pendopo Setda Banyumas, Kamis (17/12). Desember 2020.

Wabup berharap, para pelaku UMKM yang memperoleh dana pinjaman bergulir dapat bersungguh-sungguh mengembangkan usahanya sehingga bisa semakin berkembang. ''Ini dana pinjaman, bukan dana hibah. Dengan demikian, harus dikembalikan agar nantinya bisa terus digulirkan pada pelaku UMKM lain yang membutuhkan,'' kata dia.

Baca Juga

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas Joko Wiyono, menyebutkan total dana pinjaman bergulir yang sudah disalurkan pada UMKM hingga saat ini, mencapai Rp 1,369 miliar. Sedangkan jumlah pelaku usaha yang mendapatkan, ada sebanyak 469 orang yang tergabung dalam 37 kelompok usaha mikro.

''Masing-masing kelompok usaha, mendapatkan pinjaman yang bervariasi. Ada yang mendapat Rp 20 juta, tapi ada juga yang mencapai Rp 100 juta tergantung pada jumlah anggota dan jenis usahanya,'' kata dia.

''Waktu pengembaliannya dibatasi 1 tahun, dengan bunga hanya sebesar 2 persen. Setelah dana ini dikembalikan pada Badan Kredit Kecamatan (BKK) Purwokerto sebagai pengelola, nantinya dana pinjaman tersebut akan digulirkan lagi pada pelaku UMKM lain yang membutuhkan,'' jelasnya.

Meski dikelola oleh BKK Purwokerto yang merupakan badan usaha milik Pemkab, Joko menyebutkan, proses pengajuan pinjaman dana bergulir ini ditujukan langsung pada kantor dinas yang dipimpinnya. Persyaratannya, pengajuan pinjaman harus dilakukan oleh kelompok usaha, bukan oleh perorangan.

''Setelah kelompok usaha mengajukan proposal, nanti ada tim dari kantor dinas yang akan  dilakukan verifikasi faktual di lapangan. Bila dinilai memenuhi persyaratan, maka kami akan memberikan rekomendasi pada BKK Purwokerto agar mencairkan pinjaman bergulir pada kelompok usaha tersebut,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement